Manfaat buah sawo yang jarang diketahui

id buah sawo,manfaat sawo,pencernaan lancar,Manfaat buah sawo yang jarang diketahui

Manfaat buah sawo yang jarang diketahui

Ilustrasi Buah Sawo (pixabay)

Palangka Raya (ANTARA) - Berbagai kandungan nutrisi penting dalam buah sawo dapat membantu menjaga kesehatan Anda secara keseluruhan. Secara umum, berikut beberapa manfaat buah sawo yang perlu Anda ketahui:

1. Melancarkan pencernaan
Kandungan serat dalam 100 gram buah sawo matang diketahui sebanyak 5,3 gram. Bisa dibilang, serat yang terkandung dalam buah ini cukup tinggi. Kandungan serat dan tanin yang berlimpah dalam buah ini dapat membantu memperlancar sistem pencernaan Anda.

Tak hanya bagus untuk kesehatan pencernaan Anda, asupan serat dari sawo juga dapat membantu meringankan berbagai gangguan pencernaan seperti sembelit, diare, wasir alias ambeien, dan masih banyak lainnya.

Berbagai penelitian juga telah membuktikan bahwa serat dapat mencegah seseorang dari berbagai penyakit kronis di kemudian hari, seperti diabetes, penyakit jantung, bahkan kanker usus besar.

2. Membantu menurunkan berat badan
Sedang berjuang untuk mendapatkan berat badan ideal? Selain olahraga, perbanyaklah mengonsumsi makanan yang mengandung serat. Salah satu buah yang bisa ditambahkan dalam menu diet harian Anda adalah sawo.

Kandungan serat dalam buah ini dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama, tanpa harus menambahkan banyak kalori ke dalam tubuh Anda. Alhasil, Anda jadi tidak cepat merasa lapar sehingga nafsu makan makan menurun dan Anda akan makan lebih sedikit. Hal ini tentu jadi kabar baik bagi orang yang ingin menurunkan berat badan.

Meski begitu, pastikan Anda tidak mengonsumsi buah ini secara berlebihan. Ingat, buah ini mengandung kalori dan fruktosa yang tinggi. Alih-alih mendapatkan berat badan yang ideal, kebanyakan mengonsumsi buah ini justru dapat menyebabkan gula darah naik. Jadi, konsumsilah sawo secukupnya. Lebih baik lagi jika Anda mengimbangi asupan nutrisi dari berbagai jenis buah lainnya.

3. Menangkal radikal bebas
Buah sawo mengandung banyak antioksidan yang sangat dibutuhkan tubuh. Antioksidan sendiri merupakan molekul penting yang berperan untuk menangkal radikal bebas. Anda bisa mendapat radikal bebas dari makanan, udara, bahkan dari reaksi tubuh Anda terhadap sinar matahari.

Jika dibiarkan terus menumpuk di dalam tubuh, maka radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan pada sel-sel tubuh yang sehat. Radikal bebas sering dikaitkan sebagai penyebab berbagai penyakit seperti kanker, penyakit jantung, berkurangnya kemampuan penglihatan, hingga Alzheimer.

Mengombinasikan buah ini dengan berbagai jenis buah lainnya yang juga kaya akan kandungan antioksidan merupakan cara terbaik untuk menangkal radikal bebas di tubuh.

4. Redakan demam dan radang
Penelitian yang diterbitkan dalam Asian Pasicif Journal of Tropical Disease menemukan bahwa ekstrak daun sawo (Manilkara zapota) dapat memiliki sifat antiradang dan antipiretik yang membantu meringankan peradangan serta demam.

Sayangnya, penelitian ini dilakukan pada hewan tikus, sehingga masih dibutuhkan penelitian lanjutan dengan cakupan yang lebih luas untuk benar-benar memastikan manfaat daun buah ini pada manusia.

Ingat, bahan-bahan alami tidak selalu pasti lebih aman. Bagi Anda yang mungkin sensitif terhadap komponen yang terkandung dalam sawo, mengonsumsi buah ini bukanlah hal yang tepat. Oleh sebab itu, selalu konsultasikan ke dokter terlebih dahulu sebelum Anda menggunakan obat-obatan tertentu termasuk herbal untuk mengobati kondisi Anda.

sumber:hellosehat