Kalteng harus bangga masih miliki orangutan

id Kalteng harus bangga masih miliki orangutan,kalteng,orangutan,OFI, Manager Kampanye OFIDorprawati Siburian

Manager Kampanye OFI Dorprawati Siburian saat mensosialisasikan giat kampanye orangutan di sejumlah sekolah yang ada di Pangkalan Bun Kabupaten Kotawaringin Barat. (Foto OFI)

Pangkalan Bun (ANTARA) - Orangutan Foundation International (OFI) menggelar giat kampanye yang kini sudah masuk ke 107 sekolah mulai dari tingkat SD, SLTP /sederajat, SLTA/sederajat di Kotawaringin Barat Kalimantan Tengah baik itu sekolah negeri maupun swasta, dan semua sekolah akan dikunjungi dalam memberikan penyuluhan serta kampanye orangutan.

"Tujuan dari kampanye orangutan ini, agar semua pihak khususnya anak-anak sekolah bisa sedini mungkin menjaga dan melestarikan kehidupan hutan dan orangutan." kata Manager Kampanye OFI Dorprawati Siburian saat dihubungi telepon seluler, Rabu.

Kini sebanyak 90 persen populasi orangutan hidup di Indonesia, sementara 10 persen ada di Sabah dan Serawak, Malaysia. Sehingga wajar kalau kita bangga dengan keberadaan orangutan yang hingga kini masih ada di wilayah kita.

Ia menambahkan, OFI juga melakukan edukasi kepada anak-anak sekolah melalui penanaman pohon dengan tujuan mengembalikan hutan sesuai fungsinya dan menjadi rehabilitasi hutan. 

"Anak-anak sekolah saya beri dulu pemahaman seperti sosialisasi, berbagai cerita pertama kalinya dilakukan konservasi orangutan oleh Prof.Dr.Birute M.F Galdikas (President OFI) dilanjutkan  dengan menyampaikan secara rinci dan jelas kehidupan hutan dan orangutan." kata mantan Komisioner KPU Kotawaringin Barat periode 2013 -2018 bagian Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat.

Kegiatan ini, kata dia, terlaksana berkat dukungan penuh dari Pemerintah Kotawaringin Barat, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Parawisata, Dinas Lingkungan Hidup, TNI, Media Publik dan Dinas lainnya yang turut mendukung pelaksanaan kampanye orangutan. Tidak hanya ke sekolah, giat kampanye ini juga akan digelar di berbagai kantor dan komunitas lingkungan alam. 

Pihaknya mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat Kalteng untuk tetap menjaga orangutan dan habitatnya demi genarasi. "Stop pembunuhan, peyiksaan, pemburuan dan pemeliharaan terhadap orangutan," demikian Dorprawati Siburian.

Pewarta :
Uploader : Ronny
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar