Manfaatkan Kalteng Quality Expo sebagai sarana sosialisasi program kerja

id Kalteng quality expo, dinas perpustakaan dan arsip kalteng, palangka raya, organisasi perangkat daerah, opd, promosi program kerja, capaian kinerja, s

Manfaatkan Kalteng Quality Expo sebagai sarana sosialisasi program kerja

Suasana di stan Dinas Perpustakaan dan Arsip Kalteng yang berada di Kalteng Quality Expo, Palangka Raya, Kamis, (2/5). (Foto Antara Kalteng/Muhammad Arif Hidayat)

Palangka Raya (ANTARA) - Organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkup Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, beramai-ramai memanfaatkan Kalteng Quality Expo yang diselenggarakan di Palangka Raya, sebagai sarana mempromosikan berbagai program kerja yang mereka miliki.

Salah satunya adalah Dinas Perpustakaan dan Arsip Kalteng yang memanfaatkannya untuk mensosialisasikan program kerja dan fasilitas umum yang mereka miliki pada Kamis (2/5) malam, agar bisa dimanfaatkan masyarakat dengan baik.

"Kalteng Quality Expo ini merupakan sarana yang tepat bagi kami, untuk mempromosikan berbagai program kerja dan manfaat yang diberikan kepada masyarakat," kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kalteng Susana Ria Aden.

Antusiasme masyarakat pun sangatlah tinggi, setiap harinya jumlah pengunjung ke stan milik mereka mencapai antara 200-300 orang. Pihaknya pun memiliki optimisme tinggi, hingga berakhirnya Kalteng Quality Expo pada Jumat (3/5) malam, jumlah pengunjung mampu mencapai hingga seribu orang lebih.

Menurutnya, semakin banyak masyarakat yang datang berkunjung maka semakin banyak pula yang menerima sosialisasi terkait program kerja yang pihaknya miliki. Tidak hanya dari kalangan pelajar dan mahasiswa, namun juga masyarakat secara umum.

Salah satu yang gencar pihaknya promosikan, yakni keberadaan perpustakaan digital yang bernama iKalteng. Aplikasi yang bisa diakses menggunakan perangkat elektronik seperti telepon pintar atau smartphone ini, merupakan perpustakaan yang memiliki koleksi ribuan judul buku dalam format digital.

"Perpustakaan digital ini bisa diakses siapa pun dan dimana pun secara gratis. Masyarakat hanya perlu mengunduh aplikasinya melalui smartphone yang mereka miliki," tuturnya kepada Antara Kalteng.

Keberadaan perpustakaan digital itu, juga sebagai bagian dari upaya yang mereka lakukan, guna menumbuhkan serta meningkatkan minat baca masyarakat. Sehingga untuk membaca, tidak harus dilakukan dengan mendatangi langsung perpustakaan daerah, namun kini dapat memanfaatkan aplikasi iKalteng.

Selain itu, pihaknya juga memberikan sejumlah pertanyaan berhadiah kepada masyarakat yang berkaitan dengan perpustakaan daerah. Hal ini sebagai cara lain yang dinilai cukup efektif, agar masyarakat lebih mengenal Dinas Perpustakaan dan Arsip Kalteng.

"Kami ingin mengoptimalkan keberadaan serta peran Dinas Perpustakaan dan Arsip Kalteng, untuk menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas serta berdaya saing," tutur Susana.