Desa Penyombaan wakili Lamandau ikuti perlombaan desa tingkat Provinsi Kalteng

id kabupaten lamandau,lamandau,desa penyombaan,Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Lamandau,Muriadi

Desa Penyombaan wakili Lamandau ikuti perlombaan desa tingkat Provinsi Kalteng

Desa Penyombaan, Kecamatan Delang, Kabupaten Lamandau mewakili Lamandau dalam ajang lomba desa tingkat Provinsi Kalteng tahun 2019, nampak salah satu sudut Desa Penyombaan yang bersih dan tertata rapi, Kamis (16/5/2019). (Foto Pokdarwis Desa Penyombaan)

Nanga Bulik, Lamandau (ANTARA) - Desa Penyombaan, Kecamatan Delang Kabupaten Lamandau terpilih sebagai juara pertama lomba desa tingkat kabupaten, praktis dengan torehan prestasi tersebut, sehingga diutus mengikuti perlombaan desa tingkat Provinsi Kalimantan Tengah tahun 2019.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Lamandau Muriadi di Nanga Bulik, Kamis, menyebut Desa Penyombaan berada di zona tiga kategori daerah, yakni zona Barat bersama Kabupaten Seruyan, Kabupaten Sukamara, dan Kotawaringin Timur (Kotim).

"Lomba desa kategori daerah ini untuk pertama kali dilaksanakan pada tahun 2019 ini, dan merupakan program khusus Gubernur Kalteng Sugianto Sabran," ujarnya.

Dijelaskan, sebelumnya yang diperlombakan adalah lomba desa tingkat regional, dan dilaksanakan berdasarkan kategori dari Permendagri secara nasional.

Sementara untuk penilaian kategori daerah lomba desa wilayah Barat, sudah dilaksanakan oleh tim Provinsi Kalteng pada 30 April 2019 lalu.

"Tapi untuk hasil lomba masih belum diumumkan oleh provinsi, kemungkinan diumumkan bertepatan dengan HUT Kemerdekaan RI atau HUT Provinsi Kalteng ke 62," beber Muriadi

Dia pun berharap Desa Penyombaan dalam lomba desa tingkat Provinsi mendapat nominasi, sehingga dapat memacu desa-desa yang lain untuk berprestasi demi memajukan desanya, dan ikut lomba desa katagori daerah pada tahun mendatang 

"Indikator selain yang berdasarkan ketentuan Permendagri tentang lomba desa juga lebih kepada pelestarian budaya dan kearifan lokal, dan Desa Penyombaan memiliki itu, mudah - mudahan dapat nomor," demikian Muriadi.

Kepala Desa Penyombaan, Ritianus menyampaikan berhasilnya Desa Penyombaan menjadi yang terbaik dalam lomba desa tingkat kabupaten, berkat kerjasama apik seluruh aparatur desa yang didukung oleh seluruh lapisan masyarakat.

Dengan segala potensi yang dimiliki, Ia mengaku optimis dengan keikutsertaan Desa Penyombaan mewakili Bumi Bahaum Bakuba dalam ajang lomba desa tingkat provinsi.

"Kita optimis mampu menjadi yang terbaik, kita punya semua kriteria yang menjadi penilaian tim," demikian Ritianus.