PT Maju Aneka Sawit gelontorkan dana bantu petani hortikultura Kotim

id PT Maju Aneka Sawit gelontorkan dana bantu petani hortikultura Kotim,MAS,CSR,Hortikultura,Kotim,Kotawaringin Timur,Sampit

PT Maju Aneka Sawit gelontorkan dana bantu petani hortikultura Kotim

Ketua Kelompok Tani Natai Buntee Raya Lingai dan Bendaharanya Rewi menerima bantuan dana pengembangan hortikultura yang diserahkan General Manager PT Maju Aneka Sawit, Supriadi Pardiman, Jumat (25/10/2019). ANTARA/HO-PT MAS

Sampit (ANTARA) - Perusahaan besar swasta perkebunan kelapa sawit PT Maju Aneka Sawit (MAS) yang beroperasi di Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah, kembali merealisasikan salah satu program CSR (corporate social responsibility) atau tanggung jawab sosial perusahaan mereka untuk masyarakat setempat.



Kali ini diwujudkan dengan menggelontorkan dana hibah membantu petani yang tergabung dalam Kelompok Tani Natai Buntee Raya Desa Tanah Putih Kecamatan Telawang untuk mengembangkan tanaman hortikultura.



"Bantuan ini sebagai wujud kepedulian perusahaan kami untuk membantu masyarakat, khususnya petani. Dengan bantuan itu, kami berharap petani bisa terus mengembangkan diri sehingga berdampak terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat," harap General Manager PT Maju Aneka Sawit, Supriadi Pardiman didampingi Humas PT MAS David Mardiyan di Telawang, Jumat.



Bantuan diserahkan oleh Supriadi Pardiman kepada Lingai yang merupakan Ketua Kelompok Tani Natai Buntee Raya Desa Tanah Putih. Penyerahan bantuan dilaksanakan saat penyuluhan pertanian oleh Dinas Pertanian Kotawaringin Timur yang diprakarsai PT Maju Aneka Sawit.



Hadir menyaksikan penyerahan bantuan itu yaitu Rudi Herlambang yang merupakan salah satu kepala bidang di Dinas Pertanian Kotawaringin Timur serta aparatur desa dan kecamatan. Rudi juga berkesempatan menyerahkan buku tentang cara bertani kepada kelompok tani tersebut.



Kelompok Tani Natai Buntee Raya yang beranggotakan sekitar 30 petani saat ini sedang gencar-gencarnya mengembangkan hortikultura. Mereka menanam sayur-sayuran dan buah-buahan karena potensi pasarnya masih cukup besar.



PT Maju Aneka Sawit yang bernaung di bawah bendera Musim Mas Group ini pun ikut bersemangat membantu dengan harapan sektor ini akan mampu mengangkat kesejahteraan masyarakat, khususnya keluarga petani.



"Mudah-mudahan bantuan ini bisa membantu kelompok tani untuk terus mengembangkan usaha pertanian ini. Perusahaan kami berusaha terus membantu masyarakat dan pembangunan daerah di berbagai bidang sebagai wujud komitmen kami untuk terus berkontribusi terhadap masyarakat dan daerah," kata Supriadi Pardiman.




Manajemen PT Maju Aneka Sawit berfoto dengan pengurus dan Kelompok Tani Natai Buntee Desa Tanah Putih berfoto usai penyuluhan dan penyerahan bantuan, Jumat (25/10/2019). ANTARA/HO-PT MAS



Bantuan dana tersebut disambut gembira pengurus dan anggota Kelompok Tani Natai Buntee Raya. Bantuan tersebut dirasakan sangat bermanfaat membantu mereka dalam mengembangkan usaha budidaya tanaman hortikultura.



"Kami sangat berterima kasih atas bantuan, perhatian dan kepedulian perusahaan PT Maju Aneka Sawit kepada kelompok tani kami. Bantuan ini sangat berharga. Ini sebuah dukungan besar pihak perusahaan terhadap masyarakat untuk maju dan mandiri," kata Lingai yang juga Sekretaris Desa Tanah Putih.



Apresiasi yang sama disampaikan pemerintah daerah melalui Dinas Pertanian kepada PT Maju Aneka Sawit. Kepedulian yang ditunjukkan perusahaan ini terhadap petani diharapkan menjadi contoh bagi perusahaan lainnya.



"Potensi sektor pertanian di Kotawaringin Timur ini masih sangat besar karena pangsa pasarnya juga masih terbuka lebar. Sangat tepat PT Maju Aneka Sawit membantu kelompok tani mengembangkan usaha sektor pertanian," kata Rudi.



Saat penyuluhan, Rudi mengajak masyarakat mengembangkan pertanian untuk mendorong peningkatan ekonomi. Pemerintah daerah juga berupaya terus membantu petani melalui peningkatan teknologi pertanian dan sumber daya manusia petani.