BKD Kalteng berikan rincian formasi CPNS dan penjelasan tata cara pendaftarannya

id Pemprov kalteng, kalteng, kalimantan tengah, cpns, pegawai negeri sipil, pns, bkd, bkn, menpan rb, aparatur, pendaftaran online, ssc, server, formasi

BKD Kalteng berikan rincian formasi CPNS dan penjelasan tata cara pendaftarannya

Dok-Pelaksanaan ujian Computer Assisted Test (CAT). (Foto : Akhmad Nazaruddin Lathif)

Palangka Raya (ANTARA) - Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Kalimantan Tengah menjelaskan, saat ini Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan Kemenpan RB sedang memvalidasi data formasi penerimaan CPNS dari seluruh provinsi, kabupaten dan kota untuk dimasukkan ke server pusat.

"Tahapan itu memerlukan waktu dan berdasarkan komunikasi kami dengan pemerintah pusat, diupayakan selesai nanti malam sekitar pukul 23.00 WIB. Setelah itu barulah bisa diakses oleh publik," kata Kepala Bidang Pengembangan BKD Kalteng Suhufi di Palangka Raya, Senin.

Setelah pemerintah pusat menyelesaikan tahapan itu, maka masyarakat bisa mengakses secara lengkap terkait rincian formasi dan lainnya, hingga mendaftarkan dirinya secara online pada portal resmi yakni SSCASN 2019.

Terkait informasi seputar penerimaan CPNS 2019 lingkup pemprov, saat ini pihaknya juga telah memasukkan berbagai data yang diperlukan pada website yang dimiliki BKD, sehingga diharapkan menjadi alternatif untuk diakses oleh publik.

"Masyarakat yang hendak mendaftar nantinya, diharapkan mengikuti petunjuk dan ketentuan atau alur yang telah diumumkan," ungkapnya.

Semuanya telah dijelaskan secara rinci, baik tentang persyaratan umum, persyaratan khusus, pendaftaran, waktu dan tempat penyampaian berkas lamaran, hasil verifikasi lamaran, pencetakan kartu tanda peserta hingga waktu dan pelaksanaan tes.

Suhufi menjelaskan, jumlah formasi yang dapat dilamar sebanyak 381 formasi, terdiri dari 268 formasi tenaga pendidikan, 71 formasi tenaga kesehatan dan 43 formasi tenaga teknis.

Untuk tenaga pendidik, jabatan yang tersedia diantaranya guru bahasa indonesia, guru biologi, guru ekonomi, guru fisika, guru geografi, guru kimia, guru matematika, guru penjasorkes, guru PPKN, guru sejarah dan guru sosiologi.

Kemudian tenaga kesehatan, jabatan yang tersedia adalah apoteker, dokter umum, dokter spesialis jantung, fisikawan medis, nutrisionis, penyuluh kesehatan masyarakat, perawat, perekam medis, psikolog klinis, sanitarian, asisten apoteker dan asisten penata anestesi.

Selanjutnya fisioterapis, perawat gigi, pranata laboratorium kesehatan, radiografer, elektromedis, instruktur, pranata komputer, analis akuntabilitas kinerja aparatur, analis data dan informasi, analis jabatan, analis kerja sama, analis lalu lintas, analis laporan akuntabilitas kinerja, atau analis laporan keuangan.

Tersedia juga analis pengembangan teknologi medis, analis perencanaan, analis perencanaan anggaran, analis perencanaan strategis, analis perencanaan evaluasi dan pelaporan, analis tata usaha.

Sedangkan jabatan yang tersedia untuk tenaga teknis, yaitu pemeriksa keselamatan pelayaran, pemeriksa keselamatan angkutan, pengelola data layanan publik dan hubungan investor, pengelola database, pengelola kelengkapan jalan, pengelola lalu lintas angkutan sungai, danau dan penyeberangan dan pengelola perencanaan teknis tata bangunan.

Pengelola perizinan angkutan jalan, pengelola rekayasa lalu lintas, penyuluh kesehatan dan keselamatan kerja, pranata kearsipan, pranata teknologi informasi komputer, teknisi sarana dan prasarana.

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar