Dukung program deradikalisasi, DPRD Kalteng sosialisasikan empat pilar

id kalimantan tengah,kalteng,dprd kalimantan tengah,dprd kalteng,ketua komisi 1 dprd kalteng,freddy ering

Dukung program deradikalisasi, DPRD Kalteng sosialisasikan empat pilar

Ketua Komisi 1 DPRD Kalteng Freddy Ering. (ANTARA/HO-dokumen pribadi)

Palangka Raya (ANTARA) - Ketua Komisi 1 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kalimantan Tengah Freddy Ering menyebut, pihaknya mulai tahun 2020 akan melaksanakan empat pilar kebangsaan untuk mendukung program deradikalisasi yang sedang gencar-gencarnya dilaksanakan pemerintah pusat.

Sosialisasi empat pilar kebangsaan itu juga berlandaskan tata tertib DPRD Kalteng dan peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) nomor 33 tahun 2019, kata Freddy melalui pesan singkat yang diterima di Palangka Raya, Senin.

"Kegiatan itu pun telah masuk dalam Rencana Kerja (Renja) DPRD Kalteng periode 2019-2024, yang selanjutnya dijabarkan dalam agenda dewan dengan target 3 kali setiap tahun sidang per anggota Dewan," beber dia.

Wakil rakyat Kalteng dari daerah pemilihah V meliputi Kabupaten Kapuas dan Pulang Pisau itu menyatakan, empat pilar kebangsaan yang nantinya dijabarkan oleh masing-masing anggota dewan yakni Pancasila, Undang-undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhinneka Tunggal Ika.

Di mana Pancasila merupakan dasar ataupun Ideologi Negara Indonesia, Undang-undang Dasar 1945 merupakan Konstitusi Negara bersama dengan Ketetapan MPR, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) merupakan bentuk Negara, dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai Semboyan Negara.

Baca juga: DPRD Kalteng ikut bergerak cegah dan minimalisir stunting

"Walau ditargetkan tiga kali setiap tahun per anggota DPRD Kalteng, tapi karena keterbatasan anggaran, maka untuk tahun 2020 hanya satu kali sekaligus sebagai bentuk uji coba pelaksanaan sosialisasi empat pilar," kata Freddy.

Seluruh anggota DPRD Kalteng periode 2019-2024 pun diharapkan mempersiapkan diri dalam, agar apa yang ingin dicapai dari sosialisasi empat pilar kebangsaan bisa terrealisasi.

"Sosialisasi itu juga kan sebagai upaya meningkatkan penanaman nilai-nilai Pancasila, semangat nasionalime dan wawasan kebangsaan masyarakat. Jadi, perlu ada upaya sejak sekarang mempersiapkannya," demikian Freddy.

Baca juga: Anjungan Kalteng di TMII perlu dilengkapi teknologi

Baca juga: Legislator Kalteng sesalkan Hotel DT jadi wadah transaksi prostitusi

Pewarta :
Uploader : Admin 3
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar