Alasan Erick Thohir tarik Yenny-Triawan ke Garuda

id Erick Thohir,Yenny-Triawan,Alasan Erick Thohir tarik Yenny-Triawan ke Garuda,Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ,Yenny Wahid dan Triawan Munaf se

Alasan Erick Thohir tarik Yenny-Triawan ke Garuda

Menteri BUMN Erick Thohir saat menyampaikan keterangan di Jakarta (ANTARA/Aji Cakti)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengungkapkan beberapa alasannya menarik Yenny Wahid dan Triawan Munaf sebagai komisaris PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk.

"Di Garuda itu kan ada dua hal. Tidak hanya di bisnisnya ada permasalahan, tapi juga tentu dengan proteksi daripada ketenagakerjaannya, khususnya untuk kaum wanita," katanya di Jakarta, Kamis.

Hal tersebut disampaikannya usai menghadiri Rapat Pimpinan Kementerian Pertahanan 2020 yang berlangsung di Kementerian Pertahanan, Jakarta.

Untuk Triawan Munaf, Erick menilainya jelas sebagai figur yang inovatif dan sudah tidak perlu diragukan kiprahnya dalam pengembangan ekonomi kreatif.

Baca juga: Komisaris baru Yenny Wahid diminta Erick perbaiki kinerja Garuda

Apalagi, ayah penyanyi Sherina Munaf tersebut pernah mengepalai Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Indonesia.

"Di era ini kan persaingannya sudah bukan pesawat saja, di mana di Garuda itu juga banyak implemen teknologi yang harus disiapkan. Itu juga ada hubungan dengan bagaimana kita ber-'partner' dengan pihak swasta juga," katanya.

Sementara untuk Yenny Wahid, Erick menegaskannya sebagai sosok pegiat sosial dan perempuan yang diharapkan bisa melindungi dan mengayomi dalam bidang ketenagakerjaan, khususnya kaum perempuan.

Baca juga: Harapan Erick Thohir pada Dirut baru Garuda Indonesia

"Nah, kalau Ibu Yenny enggak usah dipertanyakanlah, kan figur wanita yang bagus di mana dengan ada Bu Yenny tentu sekarang pramugari, 'front officer', perempuan paling tidak ada yang melindungi atau ada yang bisa diajak bicara," katanya.

Namun, Erick enggan membahas persoalan Garuda secara kasus per kasus, termasuk menyangkut beberapa pramugarinya yang ramai diperbincangkan di media sosial.

"Saya tidak mau komen 'case' per 'case'. Tetapi, kan tadi apa yang dilakukan, pasti kita penuh dengan objektivitas lah. Bukan karena hal ini dan hal itu," tegas Erick.

Sebelumnya, Menteri BUMN merombak manajemen Garuda Indonesia dengan menunjuk Irfan Setiaputra sebagai Direktur Utama, Triawan Munaf sebagai Komisaris Utama, dan Yenny Wahid sebagai Komisaris Independen.

Perombakan itu ditetapkan melalui Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) Garuda Indonesia yang digelar Rabu, 22 Januari 2020.

Baca juga: Direktur Utama Garuda Indonesia resmi dijabat Irfan Setiaputra

Baca juga: Siwi Widi kembali dipanggil polisi

Baca juga: Tiga saksi diperiksa terkait Pramugari Garuda Siwi Widi