Penyelenggaraan festival seni dan budaya diharapkan beri manfaat bagi pelajar di Kapuas

id Pemkab kapuas, kuala kapuas, kapuas, pentas seni, budaya, pembangunan, pelajar, generasi muda

Penyelenggaraan festival seni dan budaya diharapkan beri manfaat bagi pelajar di Kapuas

Pembukaan Festival Pentas Seni Dan Budaya Se-Kecamatan Kapuas Hulu di lapangan SDN 1 Sei Hanyo, Kapuas, Rabu, (5/2/2020). (ANTARA/Ho-Diskominfo Kapuas)

Kuala Kapuas (ANTARA) - Para pelajar di Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah diharapkan bisa lebih aktif dan semangat dalam mengembangkan bakat serta kreativitasnya, guna menjaga kelestarian budaya di wilayah setempat.

Untuk mewujudkannya, diperlukan upaya sebagai pendorong semangat generasi muda, salah satunya seperti festival pentas seni dan budaya se-Kecamatan Kapuas Hulu yang dilaksanakan di lapangan SD Negeri 1 Sei Hanyo, kata Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Dasar Dinas Pendidikan Kapuas Franz Yulian, Kamis.

"Kami harapkan para pelajar bisa lebih mengembangkan bakat dan kreativitasnya dalam menjaga kelestarian budaya di wilayah setempat," katanya.

Pihaknya mengapresiasi pelaksanaan festival pentas seni dan budaya tersebut, karena dinilai cukup baik dan memberikan banyak manfaat, utamanya mengembangkan bakat dan kreativitas para pelajar.

Penyelenggaraan kegiatan tersebut, pada akhirnya turut berkontribusi menyukseskan program pendidikan hebat Kapuas Cerdas. Sebagaimana yang diketahui bersama, dalam waktu dekat pemkab akan meluncurkan program pendidikan hebat Kapuas Cerdas.

Sementara itu, Yanset Ferianto selaku panitia pelaksana kegiatan mengatakan, tema yang diambil dalam kegiatan tersebut adalah cinta budaya melalui pentas seni pelajar se-Kecamatan Kapuas Hulu.

"Kegiatan itu berlangsung selama dua hari, terhitung sejak 5-6 Februari 2020. Pesertanya merupakan para pelajar SD, SMP dan SMA sederajat," ungkapnya.

Ada berbagai macam lomba yang dilaksanakan, yakni karungut yang diikuti sebanyak 12 orang, menggambar 37 orang, menyanyi 27 orang, serta menari 14 orang. Jadi total peserta yang mengikuti lomba pada hari itu ada sebanyak 90 orang.

Adapun maksud dan tujuan dilaksanakannya kegiatan itu, agar para pelajar mengembangkan bakat dan kreativitasnya secara optimal, sekaligus sebagai upaya menjaga kelestarian budaya Dayak di Kalteng.

Selain itu, tujuan lainnya, yakni mengembangkan kemampuan apresiasi karya seni rupa, tari dan musik daerah, serta menyediakan kesempatan untuk mengaktualisasikan diri dalam penguasaan disiplin ilmu seni.

Selanjutnya meningkatkan minat terhadap tarian dan seni tradisional Dayak di Kalteng, mencetak bibit atau generasi yang unggul, serta mengukir segudang prestasi gemilang di masa mendatang.

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar