Menyalakan oven microwave dapat memperlambat sinyal wifi

id Oven microwave, sinyal wifi, jaringan internet,corona

Menyalakan oven microwave dapat memperlambat sinyal wifi

Ilustrasi oven microwave. (Shutterstock)

Jakarta (ANTARA) - Regulator media Inggris Raya, Ofcom menyarankan warga di sana untuk mematikan microwave ketika sedang melakukan pekerjaan penting yang menggunakan internet.

"Kami menyarankan masyarakat membaca saran kami supaya bisa maksimal menggunakan internet broadband, sambungan telepon dan ponsel, lalu membagikan ke teman, keluarga, kolega, supaya mereka tetap terhubung juga," kata CEO Ofcom, Melanied Dawes, dikutip dari Reuters, Kamis.

Selama anjuran beraktivitas di dalam rumah untuk mencegah penyebaran virus corona, keluarga yang tinggal di rumah akan tersambung ke internet dalam waktu bersamaan, orang tua bekerja sementara anak-anak belajar.

Baca juga: Jelang musim liburan, JavaMifi perbanyak stok modem Wifi

Baca juga: Awas WiFi dan GPS iPhone tak berfungsi, segera perbarui iOS


Ofcom menyarankan tidak menggunakan microwave ketika sedang melakukan panggilan video, menonton video HD, atau melakukan hal-hal penting secara online.

Oven microwave, dikatakan Ofcom, bisa memperlambat sinyal WiFi.

Selain oven microwave, benda elektronik telepon nirkabel, monitor bayi, lampu halogen, saklar lampu, stereo, komputer speaker, televisi dan monitor juga bisa berpengaruh ke sinyal WiFi jika berada terlalu dekat dengan router.

Menurut Ofcom, saat lalu lintas internet tinggi seperti sekarang, sambungan melalui landline atau internet call lebih dapat diandalkan dibandingkan dengan sambungan melalui perangkat mobile.