Pemda diminta salurkan bahan pokok kepada masyarakat kurang mampu

id Kalimantan Tengah,Kalteng,DPRD Kalimantan Tengah,DPRD Kalteng,Maruadi ,virus corona,covid-19,COVID-19

Pemda diminta salurkan bahan pokok kepada masyarakat kurang mampu

Ilustrasi komoditas bahan pokok (Eka Arifa Rusqiyati)

Palangka Raya (ANTARA) - Legislator Kalimantan Tengah Maruadi meminta pemerintah daerah, baik provinsi maupun kabupaten/kota se-Kalteng agar terus memantau dan mengawasi ketersediaan sejumlah bahan pokok yang menjadi kebutuhan masyarakat.

Ketersediaan bahan pokok di penyebaran pandemi virus corona atau COVID-19 jangan sampai kosong atau kekurangan karena akan menimbukan kekhawatiran di masyarakat, kata Maruadi di Palangka Raya, Senin.

"Pemda juga perlu membantu dan menyalurkan sejumlah bahan pokok kepada masyarakat yang kurang mampu. Itu perlu dilakukan karena sekarang ini kan banyak yang kesulitan bekerja akibat COVID-19 ini," tambahnya.

Menurut Anggota DPRD Kalteng itu, kampanye tetap berada di rumah dan menjaga jarak, serta menerapkan  sistem karantina yang bertujuan untuk memutus mata rantai Virus Corona, harus juga diimbangi dengan ketersediaan kebutuhan pokok, khususnya bagi masyarakat kurang mampu atau berpenghasilan harian rendah.

Dia mengatakan apabila pemda ingin melanjutkan kebijakan karantina wilayah, salah satu lini yang harus terpenuhi adalah ketersediaan kebutuhan pokok yang cukup hingga batas waktu karantina diberlakukan. Bahkan harus bisa memastikan harganya tetap terkendali, agar tidak membuat masyarakat semakin kesulitan.

"Jadi, kami ingatkan kepada pemda untuk lebih hati-hati dan mempertimbangkan secara rinci apabila ingin menerapkan karantina wilayah. Jangan sampai kebijakan itu justru menimbulkan masalah baru di masyarakat," kata Maruadi.

Baca juga: Bantu tangani COVID-19, DPRD Kalteng pangkas anggaran perjalanan dinas

Wakil rakyat Kalteng dari daerah pemilihan V meliputi Kabupaten Kapuas dan Pulang Pisau itu juga mengingatkan agar pemda memberikan solusi bagi masyarakat kurang mampu, salah satunya yaitu dengan cara menyediakan dan membagikan secara gratis kebutuhan pokok kepada masyarakat.

Dia mengatakan dengan penghasilan harian yang bahkan tidak mencukupi untuk kebutuhan hidup sehari-hari, apakah mereka mampu bertahan dalam situasi dan kondisi saat ini.

"Salah satu caranya ya dengan membagikan kebutuhan pokok secara gratis kepada masyarakat kurang mampu, melalui RT maupun RW. Dan, kami berharap itu bisa dilakukan pemda se-Kalteng," demikian Maruadi.

Baca juga: Ikut cegah COVID-19, Legislator Kalteng bagikan masker dan pencuci tangan

Baca juga: Fraksi PDIP Kalteng minta pemprov hapus denda pajak kendaraan bermotor