Macam-macam jenis kurma, buah favorit saat Ramadhan

id kurma,jenis kurma,Kenali macam-macam jenis kurma, buah favorit saat Ramadhan,bulan puasa

Macam-macam jenis kurma, buah favorit saat Ramadhan

Kurma Deglet Noor (Shutterstock)

Jakarta (ANTARA) - Buah kurma adalah salah satu makanan yang identik dinikmati saat Ramadhan. Buah berbentuk oval, berwarna cokelat dengan daging yang legit ini populer jadi buah yang disantap saat berbuka puasa. Ada berbagai jenis kurma dengan karakteristik yang berbeda-beda. Berikut ragam kurma beserta ciri-cirinya seperti dikutip dari Arab News.

1. Deglet Noor
Kurma Deglet Noor punya rasa yang otentik. Teksturnya setengah kering dan biasanya kurma ini dipakai untuk memasak. Kurma Deglet Noor populer di negara seperti Aljazair, Libya dan Tunisia.

Baca juga: Daftar makanan 'ajaib' untuk cegah kanker
 
Kurma Halawi (Shutterstock)

2. Halawi
Kurma Halawi punya cita rasa legit dan seperti madu, tak heran sebab "Halawi" artinya "manis". Salah satu varietas kurma yang banyak digemari ini berasal dari Irak. Kurma Halawi punya daging yang tebal, lembut dan berwarna keemasan.

Baca juga: Biji kurma antidiabetes jadi harapan para penderita kencing manis
 
Kurma Medjool (Shutterstock)

3. Medjool
Kurma Medjool biasanya tumbuh di negara Afrika bagian utara. Bentuknya besar dengan daging legit dan lembut. Warna kurma Medjool cokelat kemerahan dengan rasa mirip karamel.

Baca juga: Ingin coba menu Ramadhan berbahan dasar kurma? Berikut ulasannya

Kurma Medjool merupakan salah satu bahan yang kerap dipakai untuk masakan Maroko. Kurma Medjool berasal dari Maroko, tapi juga kini tumbuh di daerah hangat di AS, Timur Tengah, Asia Selatan dan Afrika. Biasanya kurma ini dijual agak kering, tapi dagingnya masih lembut dan lengket. Semakin kering, kurma Medjool terasa makin manis.
 
Kurma Zahidi (Shutterstock)

4. Zahidi
Kurma ini terlihat lebih unik karena warnanya cokelat keemasan, lebih muda dari jenis kurma lainnya. Kurma Zahidi disebut berasal dari Irak bagian utara. Buah ini biasa dipakai sebagai bahan untuk memasak. "Zahidi" artinya "kuantitas kecil".

Baca juga: Manfaat kurma bagi kesehatan hingga vitalitas pria
 
Kurma Ajwa (Shutterstock)

5. Ajwa
Kurma Ajwa bentuknya lebih kecil dengan warna yang gelap. Kurma mungil ini dagingnya lebih kering. Kurma Ajwa dibudidayakan di Madinah. Banyak yang meyakini kurma Ajwa punya khasiat menyembuhkan.

Baca juga: Kandungan kurma bagus untuk kesehatan
 
Kurma Khudri (Shutterstock)

6. Khudri
Kurma berwarna cokelat tua ini tumbuh hampir di semua penjuru Arab Saudi. Kurma ini terjangkau karena harganya relatif murah.

Baca juga: Di Inggris Pun Konsumsi Kurma Naik Saat Ramadhan

Baca juga: Arab Saudi Beri Bantuan Tujuh Ton Kurma