Pusat perbelanjaan diijinkan buka di tengah PSBB

id Pemkot cirebon, pusat perbelanjaan dibuka, mall dibuka, psbb,Pusat perbelanjaan diijinkan buka di tengah PSBB, dampak corona, covid-19

Pusat perbelanjaan diijinkan buka di tengah PSBB

Ilustrasi: Sejumlah pengunjung mengenakan masker saat berbelanja di salah satu pusat perbelanjaan di Kota Semarang, Jawa Tengah, Senin (18/5/2020). ANTARA FOTO/Aji Styawan/pras. (ANTARA FOTO/AJI STYAWAN)

Cirebon (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Cirebon, Jawa Barat, memperbolehkan pusat perbelanjaan buka seperti biasa, namun semua harus menaati protokol kesehatan.

"Masing-masing pengelola harus bertanggung jawab untuk melaksanakan protokol pencegahan penyebaran COVID-19 dengan ketat," kata Wali Kota Cirebon Nasrudin Azis di Cirebon, Senin.

Azis mengatakan pemkot telah memutuskan semua pusat perbelanjaan seperti pasar tradisional, modern, minimarket, mall, dan lainnya, pada PSBB tahap kedua ini diizinkan untuk membuka seperti biasa.

Baca juga: PSBB Kota Cirebon diperpanjang dan diperkuat sampai tingkat RT/RW

Menurut Azis, diperbolehkannya pembukaan pusat perbelanjaan ini setelah memperhatikan aspirasi pengusaha dan sebagian masyarakat Kota Cirebon yang tetap ingin membuka usaha.

"Untuk itu di masa PSBB tahap kedua mendatang Pemda Kota Cirebon mengizinkan toko dan pusat perbelanjaan modern untuk buka secara normal," ujarnya.

Baca juga: Pemkot Cirebon sosialisasi PSBB Jabar gunakan wayang

Azis juga beralasan Kota Cirebon levelnya masih kuning, hal tersebut diberitahukan langsung oleh Gubernur Jawa Barat saat mereka melakukan konferensi virtual beberapa hari lalu. Gubernur Jawa Barat juga menyerahkan kebijakan melanjutkan atau tidak kebijakan PSBB kepada daerah dengan berpedoman pada informasi yang telah diberikan.

Namun Aziz menegaskan  pengelola harus memastikan semua pengunjung, penjual, dan karyawan, tetap mengenakan masker saat transaksi.

"Kalau ada pengunjung yang tidak menggunakan masker, maka bisa disuruh pulang. Atau pengelola menyediakan masker untuk dipakai pengunjung," katanya.

Pewarta :
Uploader : Admin Kalteng
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar