Tips hiasi rumah dengan tanaman rempah

id Tanaman rempah, hiasi rumah dengan tanaman, bercocok tanam,Tips hiasi rumah dengan tanaman rempah

Tips hiasi rumah dengan tanaman rempah

Thyme, basil and other herbs on windowsill (Freepik)

Jakarta (ANTARA) - Salah satu cara mengisi waktu karantina saat pandemi COVID-19 adalah dengan bercocok tanam.

Tanaman rempah-rempah bisa jadi pilihan untuk ditanam dalam pot, selain bisa mempercantik ruangan dapur juga bisa memberikan aroma segar rempah.

Erin Lee, direktur lansekap di Four Seasons Resort Hualalai membagikan sejumlah tips menanam tanaman rempah di rumah seperti dikutip dari Forbes, Rabu:

Baca juga: Cara maksimalkan dapur sebagai area multifungsi

Baca juga: Kiat membuat dekorasi rumah terlihat baru


1. Tanam rempah di pot keramik yang mudah diakses saat kita membutuhkannya sewaktu memasak.
2. Perhatikan kebutuhan air, pupuk, serta menggemburkan tanahnya supaya subur.
3. Letakkan tanaman rempah di jendela yang terkena sinar matahari atau balkoni kecil untuk menambah dekorasi.
4. Pot besar baik untuk pertumbuhan akar dan menjaga kelembaban. Pastikan pot memiliki lubang pembuangan dan cawan untuk diletakkan di bawahnya. Pot yang memiliki tinggi 25 cm dan lebar 25 cm setidaknya dapat menumbuhkan 3 jenis herbal yang berbeda seperti 1 kemangi, satu peterseli, dan 4-5 daun bawang.
5. Jangan terlalu sering menyiram tanaman, tanah butuh oksigen untuk bernapas supaya subur jadi beri jeda menyirami tanaman.

Jenis-jenis tanaman rempah yang bisa dicoba adalah rosemary, tanam di pot dengan pencahayaan penuh sinar matahari. Sage ditanam di pot dan letakkan di tempat yang teduh. Basil atau selasih bisa ditanam di tempat yang penuh cahaya matahari sama dengan daun timi.

Jika ingin menanam tanaman hias, yang paling mudah tumbuh di dalam ruangan adalah:Spathiphyllum, tanaman rambat Golden PothosDracaena marginata, dan jenis Philodendron lainnya yang merupakan tanaman merambat dengan ukuran berbeda.