DPRD Kalteng tinjau sekber penanganan dampak sosial pandemi COVID-19 Barsel

id DPRD Kalimantan Tengah ,Kalimantan Tengah ,DPRD Kalteng,Kalteng,reses DPRD Kalimantan Tengah,Wakil Ketua DPRD Kalteng Jimmy Carter,Wakil Ketua DPRD Ka

DPRD Kalteng tinjau sekber penanganan dampak sosial pandemi COVID-19 Barsel

Wakil Ketua DPRD Kalteng Jimmy Carter (kanan) menyerahkan Alat Pelindung Diri (APD) kepada Bupati Barito Selatan Eddy Raya Samsuri usai kegiatan reses di Buntok, Selasa (2/6/2020). ANTARA/Bayu Ilmiawan.

Buntok, Kalteng (ANTARA) - Pimpinan dan Anggota DPRD Kalimantan Tengah dari daerah pemilihan IV melaksanakan reses kali ini dengan mengunjungi sekretariat bersama penanganan dampak sosial pandemi COVID-19, yang ada di Kabupaten Barito Selatan sekaligus memberikan alat pelindung diri (APD).

Wakil Ketua DPRD Kalteng Jimmy Carter yang memimpin langsung reses tersebut di Buntok, Selasa, mengatakan bahwa kehadiran pihaknya dalam memonitoring khususnya bantuan sosial yang telah disalurkan, baik dari pemerintah kabupaten maupun dari pemerintah provinsi.

"Kami sudah mendapatkan data-data terkait bantuan langsung tunai (BLT) dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng di Barsel. Jumlahnya sekitar Rp600 juta untuk uang, dan 105 ton beras yang semuanya sudah disalurkan kepada masyarakat," bebernya.

Kalangan DPRD Kalteng pun mengapresiasi terhadap upaya pemkab Barsel yang terus bersinergi dalam percepatan penanganan Corona Virus Disease 19 (COVID-19) di daerah ini. Bahkan, Barsel yang sudah mendirikan Sekretariat Bersama penanganan dampak sosial pandemi COVID-19.

"Sekber seperti ini pertama ada di Kalimantan Tengah, dan ini sangat baik terutama untuk mendata, memantau dan menyalurkan bantuan supaya bisa lebih tepat sasaran," katanya.

Berdasarkan informasi yang didapatkan baik dari sekber dan anggota DPRD Barito Selatan, pendataan dan penyaluran bantuan melalui sekber ini sudah bagus dan bantuannya sudah sampai kepada masyarakat penerima bantuan sosial.

Baca juga: Pansus Pengawasan COVID-19 DPRD Kalteng gandeng KPK

Sementara Bupati Barito Selatan Eddy Raya Samsuri mengucapkan terima kasih kepada anggota DPRD Kalimantan Tengah yang sudah melaksanakan reses ke kabupaten ini.

"Kami berharap data yang sudah disampaikan tersebut bisa berguna dan data ini juga akan dikirim kepada pemerintah provinsi maupun kementerian baik kementerian desa, maupun kementerian sosial agar ini bisa memberikan manfaat bagi kesejahteraan bagi masyarakat," katanya.

Ia juga berharap bantuan yang sudah disalurkan tersebut bisa membuat masyarakat menjadi lebih tangguh, mandiri dan bisa bersama-sama mengatasi COVID-19. Sebab, dalam penanganan COVID-19 ini diperlukan kebersamaan dalam memutus rantai penyebaran virus Corona, dan diharapkan pandemi ini bisa cepat berlalu, karena akan memasuki new normal.

Untuk diketahui, reses pimpinan dan anggota DPRD Kalteng dari Dapil IV tersebut nantinya meliputi Kabupaten Barito Selatan, Barito Timur, Barito Utara, dan Murung Raya.

Baca juga: Mantapkan kinerja, Pansus COVID-19 DPRD Kalteng berkoordinasi dengan parpol

Baca juga: Pansus DPRD Kalteng dan BPK RI bersinergi awasi anggaran COVID-19

Baca juga: Pemerintah Daerah diminta memperjelas jenis dan asal bansos