Gunung Mas siapkan pasar hadapi normal baru

id Gunung Mas ,pasar di gunung mas,pemkab gumas,bupati gumas,Gunung Mas siapkan pasar hadapi normal baru,kuala kurun

Gunung Mas siapkan pasar hadapi normal baru

Bupati Gumas Jaya S Monong dan lainnya saat meninjau Pasar Baru Kuala Kurun, Selasa (23/6/2020). (ANTARA/Chandra)

Kuala Kurun (ANTARA) - Bupati Gunung Mas, Kalimantan Tengah Jaya S Monong bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah meninjau Pasar Baru, Pasar Lama, dan Taman Kota Kuala Kurun, Selasa.

“Peninjauan ini untuk mengatur kesiapan Kabupaten Gumas menghadapi normal baru. Intinya Pasar Baru, Pasar Lama, dan Taman Kota akan diatur dengan mengacu pada protokol kesehatan COVID-19,” ucap Jaya usai pemantauan.

Pengaturan tersebut diantaranya adalah arus keluar dan masuk masyarakat di pasar dan taman kota, hal-hal yang harus dilakukan oleh pedagang dan masyarakat saat beraktivitas di pasar dan taman kota, dan lainnya.

Baca juga: Bupati Gumas dan Poktan Sejahtera tanam perdana jagung hibrida

Tentunya, ujar dia, seluruh masyarakat harus disiplin menerapkan protokol COVID-19 seperti melakukan cuci tangan dengan sabun dan air bersih mengalir, mengenakan masker, menjaga jarak, serta menghindari kontak fisik.

“Nantinya akan langsung kami pantau. Ada rekan-rekan dari TNI, Polri, serta Satpol PP,” beber orang nomor satu di kabupaten bermotto Habangkalan Penyang Karuhei Tatau ini.

Penerapan normal baru akan dimulai di Kuala Kurun, sembari mengevaluasi pelaksanaannya. Jika sudah berjalan baik maka akan diterapkan di kecamatan lain, terutama yang padat penduduk.

Baca juga: Calon jamaah asal Gumas terima keputusan pembatalan haji 2020

Wakil Bupati Gumas Efrensia LP Umbing mengimbau masyarakat agar disiplin dalam menerapkan protokol COVID-19. Kesadaran masyarakat sangat diperlukan, agar pelaksanaan normal baru dapat berjalan baik.

“Ini yang ingin kita galakkan, yang penting protokol COVID-19 harus diterapkan secara disiplin. Sekarang kita harus membiasakan diri dan menerapkan protokol COVID-19 dengan penuh kesadaran,” tuturnya.

Kapolres Gumas AKBP Rudi Asriman mengatakan bahwa seluruh pihak harus siap menuju normal baru. TNI dan Polri juga terus mendisiplinkan masyarakat dalam menerapkan protokol COVID-19 secara masif.

“Jika ada masyarakat yang tidak mengenakan masker, kita akan meminta mereka agar pulang terlebih dahulu untuk mengambil masker. Ini untuk membina dan mendisiplinkan masyarakat,” demikian Rudi.

Baca juga: Warga usulkan pembangunan toilet umum di Monumen Tambun Bungai

Baca juga: Kemajuan pembangunan di Gunung Mas tanggungjawab bersama, kata Bupati

Baca juga: Sejumlah pejabat Polres Gunung Mas berganti

Pewarta :
Uploader : Admin Kalteng
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar