Cek faktanya, Benarkah Megawati mengundurkan dari Ketua Umum PDIP?

id Megawati,Megawati mengundurkan dari Ketua Umum PDIP

Cek faktanya, Benarkah Megawati mengundurkan dari Ketua Umum PDIP?

Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri menyampaikan pidato politiknya dalam peresmian pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) I di Jakarta, Jumat (10/1/2020). Rakernas I partai berlambang kepala banteng dengan moncong putih pada tahun 2020 tersebut bertemakan "Solid Bergerak Wujudkan Indonesia Negara Industri Berbasis Riset dan Inovasi Nasional". ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/wsj.

Jakarta (ANTARA) - Seorang pengguna Facebook mengunggah konten video yang menampilkan Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri dengan narasi mengundurkan diri.

Video yang diunggah pada 5 Juli 2020 itu sudah disukai oleh 3.600 dari pengguna lain, mendapatkan 3.000 komentar, serta dibagikan ulang sebanyak 357.000 kali.

Sang pemilik akun juga membubuhkan keterangan narasi sebagai berikut:

"Disaat_umat_ISLAM_lagi_gencar_menyerang_Moncong_Putih,_tiba-tiba_Megawati_mengundurkan_diri_dari_Ketua_Umum_PDIP...
Ada ya dengan mbak mega...."

Pada kiriman video berdurasi 3 menit 16 detik tersebut, terdapat pula logo salah satu stasiun televisi nasional TV One, yang dilengkapi teks "MEGAWATI MENGUNDURKAN DIRI DARI KETUA UMUM PDIP".

Namun, benarkah Megawati Soekarnoputri mundur dari jabatan Ketua Umum PDIP?
Tangkapan layar hoaks Megawati mundur dari PDIP (Facebook)



Penjelasan:
Hasil penelusuran ANTARA menunjukan video yang menampilkan petinggi partai berlogo banteng moncong itu memang benar video milik stasiun televisi TV One.

Video berita tersebut telah disiarkan pada 16 November 2018 dengan judul "Megawati Minta Mundur dari Ketum PDIP".

Megawati, dalam tayangan gambar tersebut, tengah memberikan pembekalan kepada calon anggota legislatif PDIP di DPP PDIP, Jakarta, pada Kamis 15 November 2018.

Dalam pidato di hadapan caleg PDIP, putri Proklamator RI Soekarno itu mengungkapkan keinginannya untuk mundur dari jabatannya sebagai orang nomor satu di PDIP karena alasan usia.

Megawati juga disibukkan dengan tugasnya sebagai Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancalisa (BPIP).

Hanya saja, Megawati saat itu tidak secara resmi memberikan pernyataan pengunduran diri dari posisinya sebagai Ketua Umum PDIP. Konten video milik TV One tersebut tidak mendukung narasi yang termuat dalam unggahan di Facebook itu.

Dengan demikian, narasi "MEGAWATI MENGUNDURKAN DIRI DARI KETUA UMUM PDIP" di Facebook itu merupakan informasi salah dan hoaks.

Klaim: Megawati mengundurkan diri dari Ketua Umum PDIP
Rating: Salah/Disinformasi
Tangkapan layar video TV One berjudul "Megawati minta mundur dari Ketum PDIP" (Youtube)

Pewarta :
Uploader : Ronny
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar