PT MAS bantu warga bertani hingga pasarkan hasil panen

id PT MAS bantu warga bertani hingga pasarkan hasil panen, maju aneka sawit, musim mas group, Rusli Salim, Kotim, Sampit, Kotawaringin Timur

PT MAS bantu warga bertani hingga pasarkan hasil panen

Kelompok Tani Manunggal Tekat Desa Tangar bersama manajemen PT Maju Aneka Sawit menunjukkan sebagian hasil panen kebun mereka, Jumat (14/8/2020) lalu. ANTARA/HO-PT MAS

Sampit (ANTARA) - Upaya nyata membantu masyarakat, kembali dilakukan PT Maju Aneka Sawit yang beroperasi di Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah kali ini dengan membantu warga bertani hortikultura atau sayuran.

"Kami melihat ini sebagai sebuah peluang usaha yang menjanjikan dan masyarakat juga bersemangat, makanya kami dari perusahaan juga merasa terpanggil untuk membantu. Mudah-mudahan ini bermanfaat bagi masyarakat kita," kata General Manager Musim Mas Group Regional Kalimantan Tengah Rusli Salim di Sampit, Rabu.

Seperti pada 14 Agustus lalu, manajemen PT Maju Aneka Sawit diundang petani saat panen raya sayuran dan buah oleh Kelompok Tani Manunggal Tekat Desa Tangar Kecamatan Mentaya Hulu.

Panen ini merupakan hasil tanam dari program bantuan PT Maju Aneka Sawit pada 2019 lalu. Ini merupakan panen ketiga bagi petani setempat dengan bantuan dari perusahaan perkebunan kelapa sawit yang bernaung di bawah bendera Musim Mas Group tersebut.

Warga bertani memanfaatkan lahan mereka, sedangkan kebutuhan penanaman dibantu PT Maju Aneka Sawit. Bantuan yang diberikan dalam bentuk dana untuk keperluan pembukaan lahan, pupuk, bantuan pemasaran dan lainnya sesuai kebutuhan kelompok tani tersebut.

Rusli Salim menambahkan, bantuan yang mereka berikan tersebut merupakan salah satu realisasi program tanggung jawab sosial atau corporate social responsibility (CSR) juga bertujuan untuk membantu masyarakat, sekaligus mendukung ketahanan pangan daerah, apalagi di tengah pandemi COVID-19 yang masih terjadi.

"Dengan memanfaatkan lahan telantar, bahkan pekarangan, warga bisa menghasilkan tanaman bernilai ekonomis. Mudah-mudahan ini bisa terus dikembangkan sehingga bisa membantu menambah pendapatan masyarakat," harap Rusli Salim.

General Manager Musim Mas Group Regional Kalteng Rusli Salim (kiri) menunjukkan kolam ikan di areal perkebunan mereka. ANTARA/HO-PT MAS

Menurut Rusli, di tengah situasi pandemi COVID-19 ini, masyarakat menjadi antusias untuk berkelompok tani. Dalam situasi ini dengan berkelompok tani, bertani bisa menjadi sumber pendapatan bagi masyarakat.

Ketua kelompok Tani Manunggal Tekat, Sutrisno sangat berterima kasih atas bantuan yang diberikan PT Maju Aneka Sawit kepada mereka selama ini. Dengan bantuan tersebut, kini petani semakin bersemangat mengembangkan pertanian.

"Hasilnya lumayan. Selain untuk memenuhi kebutuhan keluarga kami petani sendiri, juga dijual sehingga bisa mendapatkan penghasilan. Kami berupaya terus mengembangkan ini," kata Sutrisno.

Sementara itu Rusli Salim menambahkan, pihaknya juga mendukung dan telah melaksanakan imbauan Bupati Kotawaringin Timur H Supian Hadi terkait penyediaan tanaman pangan minimal lima hektare di areal perkebunan.

PT Maju Aneka Sawit dan perusahaan lainnya di bawah Musim Mas Group telah lama menggalakkan program tersebut. Tidak hanya menanam tanaman pangan, perusahaan juga membuat kolam ikan yang hasilnya dimanfaatkan untuk membantu memenuhi kebutuhan pekerja.

PT Maju Aneka Sawit akan terus berupaya mendukung program-program pemerintah serta dengan melibatkan masyarakat, khususnya di sekitar perusahaan. Perusahaan berkomitmen untuk terus membantu sehingga masyarakat juga merasakan manfaat besar dari kehadiran perusahaan di wilayah mereka.

Baca juga: PT MAS raih penghargaan Dharma Karya Kencana dari BKKBN

Baca juga: Pemkab Kotim apresiasi kesiapan PT MAS antisipasi karhutla

Baca juga: PT Maju Aneka Sawit sumbang hewan kurban untuk lima desa

Baca juga: PT Maju Aneka Sawit-PKS MAS tanam 1.600 tanaman lokal tambah koleksi Kebun Raya Sampit


Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar