Pemkab Kotim apresiasi kesiapan PT MAS antisipasi karhutla

id Pemkab Kotim apresiasi kesiapan PT MAS antisipasi karhutla, PT mas, karhutla, maju aneka sawit, musim mas group, Sampit, Kotim, Kotawaringin Timur

Pemkab Kotim apresiasi kesiapan PT MAS antisipasi karhutla

Tim Posko Siaga Darurat Bencana Karhutla Kotawaringin Timur berfoto bersama manajemen PT Maju Aneka Sawit, Musim Mas Group saat kunjungan terkait kesiapan perusahaan menghadapi ancaman karhutla, Senin (10/8/2020). ANTARA/HO-PT MAS

Sampit (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah mengapresiasi kesiapan PT Maju Aneka Sawit (MAS) dalam mengantisipasi ancaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla) saat kemarau nanti.

"Pada dasarnya kami dari Posko memberi apresiasi atas kesiapan dari PT MAS dalam menghadapi karhutla," kata Koordinator Pusat Perencanaan Pos Komando Siaga Darurat Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan Kabupaten Kotawaringin Timur, Punding di Sampit, Senin.

Punding bersama tim dari Posko Siaga Darurat Bencana Karhutla Kotawaringin Timur berkunjung ke PT Maju Aneka Sawit. Kunjungan ini dalam rangka koordinasi dan konsultasi kesiapan perusahaan perkebunan perkebunan menghadapi karhutla 2020.

Punding yang menjabat sebagai Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kotawaringin Timur ini menambahkan, kunjungan ini juga dilakukan untuk mengecek kesiapan peralatan dan personel pemadam kebakaran di lingkungan PT Maju Aneka Sawit. 

Hal ini untuk memastikan bahwa perusahaan perkebunan kelapa sawit yang bernaung di bawah bendera Musim Mas Group ini benar-benar sudah mempersiapkan diri secara maksimal untuk mencegah dan menanggulangi karhutla.

Tim yang beranggotakan lima orang berasal dari lintas instansi tersebut memeriksa secara teliti peralatan pemadam kebakaran yang disiapkan PT Maju Aneka Sawit. Mereka juga berbincang dan memberi masukan kepada regu pemadam kebakaran yang sudah disiapkan.

Secara umum Punding menyebut, kesiapan PT Maju Aneka Sawit dalam menghadapi kemarau dan ancaman karhutla, sudah bagus. Dia berharap nantinya upaya pencegahan dan penanggulangan yang dilakukan bisa maksimal sehingga musibah tahunan berupa kebakaran lahan dan kabut asap bisa dicegah saat kemarau nanti.

Sementara itu General Manager Musim Mas Group Regional Kalteng Rusli Salim menyambut positif kunjungan tersebut. Ini sangat bagus sebagai wujud sinergitas yang baik antara perusahaan dan pemerintah daerah, apalagi selama ini perusahaan mereka sangat serius membantu mencegah dan menanggulangi karhutla.

 
General Manager Musim Mas Group Regional Kalteng Rusli Salim menjelaskan kepada Tim Posko Siaga Darurat Bencana Karhutla Kotawaringin Timur terkait kesiapan menghadapi karhutla, Senin (10/8/2020). ANTARA/HO-PT MAS

"Kami malah sangat berterima kasih karena sudah dikunjungi sehingga kami bisa dapat masukan dari Posko. Dan rombongan dari Posko juga melihat sendiri bahwa perusahaan kami memang sangat serius dalam mendukung upaya pencegahan dan penanggulangan karhutla," ujar Rusli Salim.

PT Maju Aneka Sawit dan perusahaan lainnya yang bernaung di bawah Musim Mas Group sudah sejak lama menjalankan program Masyarakat Bebas Api. Program ini wujud nyata perusahaan dalam mencegah dan menanggulangi karhutla dengan melibatkan masyarakat.

Selain membantu peralatan pemadam kebakaran dan pelatihan personel Balakar Desa, melalui program ini perusahaan juga bahkan memberikan "reward" atau bonus kepada desa-desa sekitar perusahaan yang sukses mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan di desa mereka dalam periode setiap tahun.

Manajemen PT Maju Aneka Sawit menyadari bahwa karhutla dan dampak yang ditimbulkannya akan sangat merugikan semua pihak. Untuk itulah perusahaan menggandeng masyarakat untuk bersama-sama melakukan upaya maksimal mencegah dan menanggulangi karhutla yang sangat rawan terjadi saat musim kemarau.

Baca juga: PT Maju Aneka Sawit sumbang hewan kurban untuk lima desa

Baca juga: PT Maju Aneka Sawit-PKS MAS tanam 1.600 tanaman lokal tambah koleksi Kebun Raya Sampit

Baca juga: PT Maju Aneka Sawit salurkan ribuan sembako untuk masyarakat

Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar