PT Maju Aneka Sawit-PKS MAS tanam 1.600 tanaman lokal tambah koleksi Kebun Raya Sampit

id PT Maju Aneka Sawit-PKS MAS tanam 1.600 tanaman lokal tambah koleksi Kebun Raya Sampit, maju aneka sawit, musim mas group, kebun raya sampit, Sampit

PT Maju Aneka Sawit-PKS MAS tanam 1.600 tanaman lokal tambah koleksi Kebun Raya Sampit

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kotim H Sanggul Lumban Gaol dan Senior Manager Musim Mas Group Wilayah Kalimantan Tengah, Teuku Kanna menanam tanaman lokal untuk pengayaan vegetasi Kebun Raya Sampit, Selasa (21/7/2020). ANTARA/HO-PT MAS

Sampit (ANTARA) - Perusahaan besar perkebunan kelapa sawit PT Maju Aneka Sawit melaksanakan kegiatan konservasi dengan menanam tanaman lokal di Kebun Raya Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah untuk menambah koleksi tanaman di kebun raya tersebut.

"PT Maju Aneka Sawit telah membantu bibit tanaman keras seperti pohon gaharu, meranti dan lainnya. Ini menjadi salah satu contoh bagi kita semua bahwa pihak perusahaan memiliki kepedulian terhadap lingkungan," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kotawaringin Timur H Sanggul Lumban Gaol di Sampit, Jumat.

Kebun Raya Sampit dibangun di km 28 hingga 32 Jalan Jenderal Sudirman, seluas 607,63 hektare meliputi Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Baamang dan Kotabesi. Kebun Raya Sampit yang ditargetkan paling lambat akan dibuka pada 2021 itu menjadi kebun raya terluas di negeri ini karena kebun raya terluas saat ini yaitu Kebun Raya Bukit Sari di Provinsi Jambi hanya seluas 425,50 hektare.

Kebun Raya Sampit akan menjadi pusat konservasi tumbuhan kerangas Kalimantan dengan ikon pohon damar Borneo (agathis borneensis warb). Tim ahli menemukan 155 jenis tumbuhan, 23 jenis burung, serta buah-buahan lokal di Kebun Raya Sampit.

Untuk menambah koleksi tanaman di kebun raya ini, PT Maju Aneka Sawit yang bernaung di bawah bendera Musim Mas Group, menyumbang vegetasi tanaman lokal untuk kebun raya tersebut.

Kegiatan seremoni konservasi lingkungan dan pengayaan koleksi tanaman Kebun Raya Sampit oleh PT Maju Aneka Sawit, masyarakat dan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kotawaringin Timur itu dilaksanakan Selasa (21/7/2020). 
Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kotim H Sanggul Lumban Gaol dan Senior Manager Musim Mas Group Wilayah Kalimantan Tengah, Teuku Kanna usai penandatanganan serah terima bantuan konservasi penanaman tanaman lokal untuk pengayaan vegetasi Kebun Raya Sampit, Selasa (21/7/2020). ANTARA/HO-PT MAS

Kegiatan ditandai penandatanganan berita acara serah terima, dilanjutkan penanaman pohon dimulai oleh Dinas Lingkungan Hidup bersama manajemen PT Maju Aneka Sawit, pemerintah kecamatan, pemerintah desa dan masyarakat.

H Sanggul Lumban Gaol sangat berterima kasih atas bantuan PT Maju Aneka Sawit. Ini bukan pertama kali perusahaan ini membantu Kebun Raya Sampit dan diharapkan terus berlanjut.

"Kami meminta perusahaan-perusahaan lain bisa mencontoh ini. Kami minta kita bersama-sama memperkaya tanaman kebun raya ini. Jadi, sumbangkan satu pohon untuk masyarakat kita ke depan. Kita tanam satu pohon berarti kita menyelamatkan bumi kita di masa yang akan datang. Kita harus semangat," ujar Sanggul Lumban Gaol.

Senior Manager Musim Mas Group Wilayah Kalimantan Tengah, Teuku Kanna menyebutkan, bantuan vegetasi tanaman lokal yang diberikan PT Maju Aneka Sawit ditanam untuk empat hektare lahan di Kebun Raya Sampit. Setiap hektare ditanami 400 batang vegetasi tanaman lokal yaitu gaharu, mahoni, flamboyan dan meranti.
Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kotim H Sanggul Lumban Gaol memberi sambutan saat kegiatan konservasi penanaman tanaman lokal untuk pengayaan vegetasi Kebun Raya Sampit oleh PT Maju Aneka Sawit, Selasa (21/7/2020). ANTARA/HO-PT MAS

"Ini merupakan bagian dari program konservasi yang dijalankan perusahaan untuk membantu pemerintah. Tidak hanya di sekitar perusahaan, program ini kali ini kami laksanakan dengan membantu menambah koleksi vegetasi tanaman lokal di Kebun Raya Sampit," kata Kanna.

Penanaman beragam jenis tanaman lokal itu dilakukan langsung oleh pihak perusahaan pada empat hektare lahan di Kebun Raya Sampit yang lokasinya sesuai arahan Dinas Lingkungan Hidup.

Selain untuk menambah koleksi tanaman di Kebun Raya Sampit, kegiatan ini juga untuk membantu pelestarian tanaman-tanaman lokal khas daerah ini. Program ini juga sekaligus mendukung upaya pemerintah mengembangkan sektor pariwisata alam dengan meningkatkan pengembangan Kebun Raya Sampit.

Sebelumnya, PT Maju Aneka Sawit juga membantu Kebun Raya Sampit dengan membangun jalan di kebun tersebut. Pembangunan dilaksanakan bersama PT Sukajadi Sawit Mekar yang sama-sama bernaung di bawah Musim Mas Group. PT Sukajadi Sawit Mekar membantu pembangunan jalan Kebun Raya Sampit sepanjang 593 meter, sedangkan PT Maju Aneka Sawit membantu sepanjang 1.072 meter.
Pekerja menanam tanaman lokal yang merupakan bantuan PT Maju Aneka Sawit untuk konservasi pengayaan vegetasi Kebun Raya Sampit, Selasa (21/7/2020). ANTARA/HO-PT MAS

Atas kepedulian itu, PT Maju Aneka Sawit pernah mendapat penghargaan dari pemerintah daerah yang saat itu diserahkan usai memimpin peringatan hari ulang tahun ke-65 Kabupaten Kotawaringin Timur di Stadion 29 November Sampit pada 2018 lalu, yang diserahkan oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup H Sanggul Lumban Gaol kepada General Manager Humas Musim Mas Group Rusli Salim disaksikan Bupati Supian Hadi.

"Ini sebagai wujud kepedulian dan komitmen kami untuk membantu daerah dan masyarakat. Kami berusaha terus membantu sesuai dengan kemampuan kami agar daerah dan masyarakat makin maju," demikian Kanna.

Baca juga: PT Maju Aneka Sawit salurkan ribuan sembako untuk masyarakat

Baca juga: Bupati Kotim puji kepedulian Musim Mas Group bantu penanganan COVID-19

Baca juga: Dibantu PT Maju Aneka Sawit, murid SD ini tak lagi lesehan di lantai

Baca juga: PT Maju Aneka Sawit gelontorkan dana bantu petani hortikultura Kotim

Baca juga: PT Maju Aneka Sawit bantu perlengkapan sekolah untuk pelajar desa sekitar perusahaan