PT Maju Aneka Sawit bantu pembangunan empat kamar mandi di Desa Tanah Putih

id PT Maju Aneka Sawit bantu pembangunan empat kamar mandi di Desa Tanah Putih, kalteng, Sampit, kotim, Kotawaringin Timur, Maju Aneka Sawit, mas, pt Mas

PT Maju Aneka Sawit bantu pembangunan empat kamar mandi di Desa Tanah Putih

General Manager Musim Mas Group Regional Kalimantan Tengah, Rusli Salim menyerahkan bantuan CSR berupa dua unit toilet atau kamar mandi untuk Polindes Dusun Runting Tada Desa Tanah Putih Kecamatan Telawang, Sabtu (27/7/2024). ANTARA/HO-PT MAS

Sampit (ANTARA) - Perusahaan perkebunan kelapa sawit PT Maju Aneka Sawit kembali melaksanakan program corporate social responsibility (CSR) atau tanggung jawab sosial perusahaan mereka, kali ini dengan membantu pembangunan empat unit kamar mandi Dusun Runting Tada Desa Tanah Putih Kecamatan Telawang, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah. 

"Ini wujud kepedulian dan keseriusan perusahaan kami, salah satunya dalam upaya bersama meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Kamar mandi ini menjadi bagian upaya positif dalam bidang kesehatan," kata General Manager Musim Mas Group Regional Kalimantan Tengah, Rusli Salim di Sampit.

Penyerahan bantuan secara simbolis dilaksanakan Sabtu (27/7) kepada masyarakat Dusun Runting Tada Desa Tanah Putih serta guru dan murid SDN 5 Tanah Putih. Kepala Desa Tanah Putih, Yanto turut hadir menyaksikan penyerahan bantuan tersebut.

Bantuan pembuatan toilet atau kamar mandi ini merupakan realisasi program kesehatan di Dusun Runting Tada Desa Tanah Putih berupa pengadaan 4 unit kamar mandi. Realisasinya terdiri dari 2 unit toilet atau kamar mandi di Gedung Polindes Dusun dan 2 unit di SDN 5 Tanah Putih.

Program yang dilaksanakan perusahaan yang bernaung di bawah Musim Mas Group ini sejalan dengan program pemerintah yakni Stop Buang Air Besar Sembarangan. Pembuatan toilet atau kamar mandi ini diharapkan dapat mengurangi kebiasaan warga buang air besar dan mandi di sungai.
General Manager Musim Mas Group Regional Kalimantan Tengah, Rusli Salim menyerahkan bantuan CSR berupa dua unit toilet atau kamar mandi untuk SDN 5 Tanah Putih Kecamatan Telawang, Sabtu (27/7/2024). ANTARA/HO-PT MAS

Pembuatan toilet atau kamar mandi ini bertujuan untuk peningkatan kualitas kesehatan masyarakat. Penggunaan toilet atau kamar mandi yang sehat bisa mencegah munculnya berbagai penyakit akibat pencemaran air. Banyak penyakit akibat water desease, seperti kolera, disentri, tifus dan lainnya.

Rusli Salim berharap bantuan tersebut dapat bermanfaat bagi masyarakat. Dia juga meminta agar keberadaan toilet atau kamar mandi itu dirawat dengan baik sehingga bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama.

"Mudah-mudahan dengan kebersamaan toilet atau kamar mandi ini dapat memudahkan masyarakat kita. Secara khusus kita tentu berharap ini bisa berdampak positif terhadap peningkatan kualitas kesehatan masyarakat kita," harap Rusli Salim. 

Kepala Desa Tanah Putih, Yanto mengatakan, sebagian warga desa setempat masih ada yang beraktivitas mandi, mencuci dan buang hajat di sungai. Bantuan toilet atau kamar mandi dari PT Maju Aneka Sawit ini tentu sangat bermanfaat bagi masyarakat. 

"Selain tidak perlu susah-susah lagi ke sungai, ini juga diharapkan dapat membawa dampak positif terhadap kualitas kesehatan masyarakat kami. Kami sangat berterima kasih atas bantuan ini," kata Yanto.

Yanto memuji kepedulian PT Maju Aneka Sawit yang selama ini banyak membantu desanya. Ini menunjukkan keseriusan pihak perusahaan membantu masyarakat sehingga manfaat keberadaan perusahaan juga bisa dirasakan oleh masyarakat. 

Baca juga: PT Maju Aneka Sawit bantu usaha perikanan untuk tingkatkan perekonomian masyarakat

Baca juga: PT Maju Aneka Sawit raih Zero Accident Award 2024

Baca juga: PT Maju Aneka Sawit bergerak cepat bantu korban banjir Desa Hanjalipan

Baca juga: PT Maju Aneka Sawit tingkatkan program penghijauan sempadan sungai