DPRD Kotim dorong pembangunan desa berkelanjutan

id DPRD Kotim dorong pembangunan desa berkelanjutan, DPRD Kotim, Kotim, sepantasnya, Sampit, Kotawaringin Timur

DPRD Kotim dorong pembangunan desa berkelanjutan

Anggota DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur, Parningotan Lumban Gaol. ANTARA/Norjani

Sampit (ANTARA) - DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah mendorong pembangunan di desa dilakukan secara berkelanjutan untuk mempercepat pemerataan pembangunan hingga ke pelosok.

"Masyarakat desa masih sangat membutuhkan sentuhan pembangunan agar aktivitas perekonomian mereka juga semakin lancar. Makanya pembangunan desa harus dilakukan berkelanjutan," kata anggota DPRD Kotawaringin Timur, Parningotan Lumban Gaol di Sampit, Kamis.

Lumban Gaol mengatakan, infrastruktur di desa-desa pelosok Kotawaringin Timur masih terbatas. Bahkan tidak sedikit desa yang masih terisolasi jalan darat sehingga masyarakatnya harus mengandalkan jalur sungai.

Pemerintah daerah telah membuat program pembangunan jangka menengah dan panjang. Semua digariskan secara jelas, namun pelaksanaannya belum sesuai harapan karena terkendala keterbatasan anggaran.

Luasnya wilayah yang tidak sebanding dengan kemampuan keuangan daerah, membuat upaya percepatan pemerataan pembangunan dilaksanakan menyesuaikan kondisi keuangan daerah.

Pembangunan dilaksanakan secara bertahap sesuai dengan kemampuan keuangan daerah. Namun kini pembangunan di desa bisa dipercepat karena setiap desa mendapat kucuran dana cukup besar melalui Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD).

Baca juga: Perda Kawasan Tanpa Rokok jangan hanya jadi pelengkap

Selain itu, pembangunan di desa-desa juga terbantu dengan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang rutin dilaksanakan TNI. Program pembangunan yang mengedepankan gotong-royong antara anggota TNI, Polri dan masyarakat itu membawa dampak positif terhadap pembangunan desa.

Lumban Gaol mendukung TMMD dilaksanakan secara berkelanjutan karena bisa menjangkau desa-desa terpencil yang belum dijangkau secara optimal oleh pembangunan pemerintah. Harapannya, pembangunan di desa-desa juga semakin cepat.

Pemerintah daerah juga akan berupaya mendukung dari sisi anggaran agar TMMD bisa digelar secara rutin di Kotawaringin Timur. Sinergitas ini diharapkan membawa dampak positif bagi masyarakat.

"Saudara-saudara kita di desa juga berhak menikmati pembangunan. Makanya harus kita upayakan semaksimal mungkin agar pembangunan di desa semakin cepat," demikian Lumban Gaol.

Baca juga: Legislator Kotim temukan ini saat sidak galian C

Baca juga: Legislator telusuri indikasi oknum ASN Kotim tidak netral

Baca juga: DPRD Kotim dukung pendisiplinan penerapan protokol kesehatan