Dua desa di Kapuas dapat penghargaan Proklim dari KLHK

id Dua desa di Kapuas dapat penghargaan Proklim dari KLH RI, Kapuas, penghargaan lingkungan

Dua desa di Kapuas dapat penghargaan Proklim dari KLHK

Kepala DLH Kapuas, Kusmiatie, melakukan foto bersama dengan dua Kades dan salah satu perwakilan perusahaan, usai penyerahan penghargaan di Aula Kantor DLH setempat, Rabu (14/10/2020). ANTARA/HO-DLH Kapuas

Kuala Kapuas (ANTARA) - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, menyerahkan piagam penghargaan atas partisipasi Program Kampung Iklim (ProKlim) dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia untuk  kategori Madya tahun 2019 kepada dua desa setempat.

"Selain itu, kami juga memberikan piagam penghargaan kepada salah satu perusahaan atas peran aktif melalui program CSR mereka dalam melakukan pembinaan pada di dua desa di sekitarnya," kata Kepala DLH Kabupaten Kapuas, Kusmiatie, di Kuala Kapuas, Rabu.

Dua desa yang menerima piagam penghargaan tersebut yakni Desa Buhut Jaya Kecamatan Kapuas Tengah dan Desa Batapah, Kecamatan Timpah. Penyerahan dilakukan di Aula Dinas Lingkungan Hidup setempat, yang diterima langsung oleh Kepala Desa Buhut Jaya, Huyeng dan Kepala Desa Batapah, Yudha Irawanto.

Kusmiatie menyampaikan apresiasi kepada Desa Buhut Jaya dan Desa Batapah yang telah menerima penghargaan atas partisipasi ProKlim kategori Madya. Dia berharap melalui penghargaan ini bisa lebih aktif lagi dalam melakukan kegiatan adaptasi dan mitigasi perubahan iklim.

“Semoga kedepannya dapat menaikkan status desa menjadi penerima penghargaan kategori Utama yang pada akhirnya menjadi desa percontohan,” harapnya.

Kepada perusahaan yang menerima penghargaan, Kusmiatie juga menyampaikan apresiasinya dan berterima kasih atas peran aktif CSR perusahaan yang telah melakukan pembinaan untuk aksi dan mitigasi perubahan iklim serta mendorong replikasi kegiatan ProKlim. 

Sumbangsih tersebut diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap upaya pengelolaan lingkungan dalam menghadapi perubahan iklim.

“Besar harapan kami kedepan, kepada CSR perusahaan, agar terus menjalin kemitraan dengan masyarakat Desa Buhut Jaya dan Desa Batapah. Begitu juga desa-desa sekitar agar tetap lestari dan terus melakukan adaptasi mitigasi perubahan iklim sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat sesuai kondisi wilayah masing-masing,” ucapnya.

Pemberian penghargaan ini dilakukan sejalan dengan surat Edaran Bupati Kapuas Nomor:660/918/DLH/2020, tentang pelaksanan Program Kampung Iklim (ProKlim) di Kabupaten Kapuas.

Sebagaimana diketahui, salah satu strategi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam upaya pengendalian perubahan iklim adalah dengan mendorong kerjasama multi-pihak untuk memperkuat kapasitas adaptasi dan mitigasi perubahan iklim di tingkat tapak berbasis komunitas melalui pelaksanaan Program Kampung Iklim atau ProKlim.

Baca juga: Satgas Penanganan COVID-19 Pulang Pisau jalankan program pemulihan ekonomi

Baca juga: Karhutla di Kapuas Murung rambah tiga desa

Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar