DSPMD Barsel bahas percepatan penyaluran DD tahap III

id Dspmd barsel, barito selatan, buntok, dana desa, dd tahap III, bltdd, bantuan langsung tunai, keluarga penerima manfaat, kpm

DSPMD Barsel bahas percepatan penyaluran DD tahap III

Ilustrasi Dana Desa.

Buntok (ANTARA) - Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DSPMD) Barito Selatan, Kalimantan Tengah melakukan rapat koordinasi percepatan penyaluran Dana Desa (DD) tahap III.

"Dalam kegiatan ini kami membahas mekanisme penyaluran DD tahap III," kata Kasi Keuangan Desa pada DSPMD Barito Selatan, Toni Ahmadi di Buntok, Rabu.

Ia menjelaskan, hal itu dilakukan karena waktunya terbatas, sehingga pihaknya mengupayakan agar dananya sudah siap berada di rekening desa masing-masing.

Sedangkan proses rekomendasinya, lanjut Toni Ahmadi, seperti biasa dari kecamatan dan DSPMD Barito Selatan.

Menurut dia, sistem mekanisme pencairan DD tahap III di Barito Selatan ini mereka balik dan hal itu dilakukan untuk mempercepat proses pencairannya.

Apabila sesuai dengan Peraturan Bupati (Perbup) desa harus bermohon terlebih dulu ke kecamatan, dilanjutkan ke DSPMD dan setelah itu baru ke Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) dan Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN). Dibaliknya mekanisme pencairan DD ini sesuai hasil rapat dengan KPPN.

Jadi syarat penyaluran dari rekening negara ke rekening desa yang pihaknya minta pada hari ini dan setelah itu tinggal proses permohonan dari desa ke kecamatan dan DSPMD saja.

"Hal itu dilakukan agar proses penyaluran DD tahap III kepada masing-masing desa di Barito Selatan ini bisa lebih cepat mengingat terbatasnya waktu," terangnya.

Dalam kegiatan ini juga dibahas terkait penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) tahap III. Terkait hal itu, pihaknya meminta kepada bagian Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) Kementerian Desa menyampaikan arahan kepada setiap desa.

"Dengan begitu, setiap desa sudah bisa mendapat gambaran dan diharapkan pada awal Desember, DD tahap III bisa dicairkan, serta BLTD juga bisa segera disalurkan kepada Keluarga Penerima Manfaat kepada masing-masing desa," ungkapnya.

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar