Dispora dan KONI Kalteng bahas kesiapan hadapi PON Papua 2021

id Provinsi Kalimantan Tengah,Kalimantan Tengah ,Kepala Dispora Kalteng,Falery Tuwan,Dispora Kalteng

Dispora dan KONI Kalteng bahas kesiapan hadapi PON Papua 2021

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Tengah Falery Tuwan (tengah) memimpin jalannya rapat persiapan PON XX di Papua 2021 bersama pengurus KONI Kalteng di Palangka Raya, Rabu (23/12/2020). ANTARA/HO-Dokumentasi Pribadi

Palangka Raya (ANTARA) - Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Tengah bersama Pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia Kalteng serta 16 cabang olahraga yang lolos Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua tahun 2021, menggelar rapat serta membahas kesiapan event nasional tersebut.

Kepala Dispora Kalteng Falery Tuwan di Palangka Raya, Rabu, mengatakan sesuai dengan komitmen bersama dalam pihaknya bersama KONI  akan terus meningkatkan perolehan prestasi yang nantinya akan didapatkan di PON Papua, dengan tujuan mengharumkan nama daerah.

"Pemerintah Provinsi Kalteng menyiapkan anggaran Rp10 miliar untuk PON Papua 2021. Silahkan KONI Kalteng dapat segera melakukan pelatihan daerah, 'try out' dan lain sebagainya, dengan tujuan untuk kesiapan atlet menghadapi PON. Namun juga terus perhatikan protokol kesehatan," katanya.

Pemprov Kalteng juga menyerahkan hal tersebut kepada KONI Kalteng agar secepatnya melakukan pelatihan daerah (pelatda), baik itu secara mandiri maupun lainnya dengan menyesuaikan anggaran.

Selain itu yang perlu diingatkan, para atlet yang melaksanakan pelatihan wajib menerapkan protokol kesehatan, sehingga kesehatan para atlet dapat terjaga dengan baik.

"Saya harapkan cabor unggulan yang berpotensi mendapatkan emas harus meningkatkan latihan dan menjaga kebugaran tubuhnya, agar terhindar dari wabah COVID-19," kata Falery.

Baca juga: Wartawan harus bisa mengukir prestasi di bidang lain, kata Gubernur Kalteng

Di lokasi yang sama, Ketua Harian KONI Kalteng Christian Sancho menyebut, KONI Kalteng segera melakukan pelatda untuk melihat kesiapan atlet menghadapi PON Papua nanti.

Mengenai anggaran yang disiapkan, Sancho mengatakan KONI juga melakukan langkah-langkah upaya mencari anggaran tambahan serta menyiapkan kesiapan PON.

"Berbagai masukan, saran dari cabor ditampung dan pemantauan dari Bidang Binpres juga terus dilakukan. Mengenai kesiapan atlet seluruh cabor, kami optimis dapat memperbaiki prestasi di PON Papua nantinya. KONI juga melihat mengenai kesiapan anggaran dan keperluan cabor, sehingga nantinya tim Binpres dan Satuan Tugas KONI terus memantau sembari dilakukan verifikasi lanjutan," beber Sancho.

Dia menambahkan, Pemprov Kalteng yang sudah menganggarkan PON Papua guna dilakukan pelaksanaan kesiapan, dengan segera sembari berupaya langkah dan berharap dapat tambahan anggaran lainya sehingga semua cabor yang masuk PON bisa diberangkatkan.

"Bersama Ketum bahkan Pengurus KONI Kalteng lainnya, kami mohon doanya agar Kalteng dapat meraih hasil maksimal. Bahkan kami optimis dalam memperbaiki prestasi di PON Papua, untuk menuju Kalteng Emas PON XX Papua 2021," tutup Sancho.

Baca juga: DBL Indonesia lirik Kalteng selenggarakan liga basket pelajar

Baca juga: Kalteng telah persiapkan strategi promosikan Asian Games 2018