DBL Indonesia lirik Kalteng selenggarakan liga basket pelajar

id Dbl indonesia, liga pelajar, basketball, bola basket, olahraga, palangka raya, kalteng, kalimantan tengah, dispora, kadispora, falery tuwan

DBL Indonesia lirik Kalteng selenggarakan liga basket pelajar

GM DBL Indonesia Yondang Tubangkit (kiri) saat bertemu dengan Kadispora Kalteng Falery Tuwan di Palangka Raya, Kamis, (28/11/2019). (ANTARA/Dokumentasi Pribadi)

Palangka Raya (ANTARA) - Developmental Basketball League (DBL) Indonesia menyatakan ketertarikannya untuk menyelenggarakan liga basket antar pelajar di Provinsi Kalimantan Tengah.

Liga basket tingkat SMA dan SMP sederajat sudah dimulai sejak tahun 2004 hingga sekarang dan sudah ada di sebanyak 22 provinsi tersebar di 30 kota berbeda, kata General Manager DBL Indonesia Yondang Tubangkit.

"Kami ingin mengembangkan dan merambah ke Kalteng, khususnya di Kota Palangka Raya," jelas Yondang kepada ANTARA di Palangka Raya, Kamis.

DBL sebelumnya bernama Deteksi Basketball League, merupakan sebuah kompetisi liga bola basket antar pelajar di tingkat SMP dan SMA sederajat terbesar di Indonesia. Liga tersebut dimulai pada tahun 2004 di Surabaya dibawah naungan Deteksi dan sekarang beralih kepada Zetizen.

Yondang menjelaskan, jika liga basket pelajar itu benar-benar bisa terselenggara di Kalteng, diyakini memiliki dampak yang sangat luar biasa, dari sisi sosial dalam dunia olahraga. Termasuk membangun daerah dengan semangat gotong royong.

"Kami ingin anak muda memiliki kegiatan yang asik dan positif. Melalui olahraga diharapkan bisa membentuk karakter generasi penerus bangsa yang kuat dan sehat," tegasnya.

Liga basket yang diselenggatakan DBL juga sudah banyak mencetak bibit unggul, terbukti pada timnas basket Indonesia yang bermain di 'Sea Games' sebagiannya merupakan jebolan dari kegiatan yang diselenggarakan DBL.

Pihaknya konsisten dalam melaksanakan liga basket untuk tingkat pelajar yang sampai saat ini sudah ditonton lebih dari 1,5 juta orang, dan dari seluruh Indonesia kurang lebih ada sebanyak 45 ribu atlet yang terlibat.

Sementara itu Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Kalteng Falery Tuwan mengatakan, pihaknya bersemangat agar kegiatan DBL tersebut bisa terselenggara di Palangka Raya.

"Apalagi gor indoor dalam waktu dekat sudah bisa digunakan untuk melaksanakan kegiatan tersebut," tuturnya usai menemui perwakilan DBL Indonesia.

Melalui salah satu aset daerah tersebut, pihaknya ingin para pemuda juga banyak yang dapat terlibat dalam kegiatan olahraga. Pemprov Kalteng siap bekerja sama dan saling dukung kegiatan tersebut untuk dilaksanakan.

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar