Optimalkan kinerja, Fraksi PDIP usulkan tatib DPRD Kalteng direvisi

id Ketua Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan DPRD Kalimantan Tengah ,DPRD Kalimantan Tengah,Kalimantan Tengah,Freddy Ering ,Ketua Fraksi PDIP DP

Optimalkan kinerja, Fraksi PDIP usulkan tatib DPRD Kalteng direvisi

Ketua Fraksi PDIP di DPRD Kalimantan Tengah Freddy Ering. ANTARA/HO-koleksi Freddy Ering

Palangka Raya (ANTARA) - Ketua Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan DPRD Kalimantan Tengah Freddy Ering menyatakan, pihaknya telah menyampaikan berbagai pokok pikiran terkait tata cara dan kinerja lembaga wakil rakyat setempat dalam menghadapi pandemi virus corona.

Salah satu pokok pikiran yang disampaikan itu terkait dengan perlunya dilakukan revisi terhadap tata tertib DPRD Kalteng untuk tahun-tahun mendatang, kata Freddy Ering di Palangka Raya, kemarin.

"Tata tertib dewan periode 2019-2024 memang sudah dibuat, tapi ada beberapa hal yang perlu dibenahi agar sesuai dengan kondisi sekarang ini, terutama sejak adanya pandemi COVID-19," beber dia.

Selain agar menyesuaikan kondisi di tengah pendemi, Fraksi PDIP melihat ada kerancuan di dalam tata tertib DPRD Kalteng, termasuk belum diaturnya permasalahan pembahasan anggaran setiap program dan kegiatan pimpinan dan para anggota dewan.

Freddy mengatakan di dalam tata tertib DPRD Kalteng juga belum ada diatur mengenai rapat secara daring (dalam jaringan) atau virtual. Sementara, kondisi pandemi COVID-19 ini mengharuskan adanya jaga jarak sesuai dengan protokol kesehatan.

"Sampai sekarang ini tak ada satupun orang di dunia ini yang tahu kapan pandemi COVID-19 segera berakhir. Jadi, yang bisa kita lakukan adalah menganut kebiasaan baru, termasuk patuh terhadap protokol kesehatan," ucapnya.

Baca juga: Legislator Kalteng minta infrastruktur tetap diprioritaskan tahun 2021

Ketua Komisi 1 DPRD Kalteng itu juga mengatakan bahwa kunjungan kerja dalam rangka monitoring program dan menyerap aspirasi rakyat, tetap harus dilakukan sekalipun masih terjadi pandemi COVID-19.

Dia mengatakan, meski begitu, kunjungan kerja tersebut harus lebih selektif dan memprioritaskan di dalam daerah atau kabupaten/kota se-Kalteng. Dengan begitu, kinerja dan tugas pimpinan serta anggota DPRD Kalteng tetap bisa dilaksanakan.

"Itu beberapa hal pokok pikiran yang disampaikan Fraksi PDIP kepada pimpinan DPRD Kalteng. Harapannya pokok pikiran itu dipertimbangkan pada saat pembahasan penyusunan program kegiatan DPRD Kalteng di Badan Musyawarah (Banmus)," demikian Freddy Ering.

Baca juga: Ketua DPRD Kalteng minta PMI selalu ikhlas jalankan misi kemanusiaan

Baca juga: DPRD Kalteng dukung pembentukan satgas COVID-19 hingga tingkat terbawah