Bupati Seruyan: ruang disabilitas Disdukcapil harus tingkatkan pelayanan

id Bupati Seruyan, Kalimantan Tengah, Yulhaidir,Kabupaten Seruyan,Seruyan

Bupati Seruyan: ruang disabilitas Disdukcapil harus tingkatkan pelayanan

Bupati Seruyan Yulhaidir saat melihat pelayanan di Disdukcapil setempat di Kuala Pembuang, Selasa (2/3/2021). ANTARA/HO-Dokumentasi Pribadi

Kuala Pembuang, Seruyan (ANTARA) - Bupati Seruyan, Kalimantan Tengah, Yulhaidir mengingatkan sekaligus meminta dengan adanya  ruang penunjang pelayanan disabilitas di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) harus mampu meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, khususnya penyandang disabilitas.

Penyediaan ruang disabilitas di Dukcapil ini sebagai bentuk kesungguhan pemkab dalam memberikan pelayanan secara optimal kepada seluruh lapisan masyarakat, kata Yulhaidir di Palangka Raya, Rabu.

"Kami memang berkomitmen pelayanan dibidang administrasi terus mengalami perkembangan. Dengan begitu, masyarakat dalam mengurus administrasi kependudukan pun semakin mudah," tambahnya.

Orang nomor satu di Kabupaten Seruyan itu juga menyebut bahwa pihaknya tidak hanya menyediakan ruang disabilitas, tapi juga tempat khusus ibu menyusui dan ruang merokok serta perpustakaan mini yang terintegrasi dengan ruang pelayanan administrasi kependudukan.

Yulhaidir mengatakan tempat ibu menyusui dan merokok itu berbeda ruangan, dan perpustakaan mini pun dapat dipergunakan masyarakat untuk menunggu sedang diprosesnya administrasi kependudukannya.

"Jadi, apa yang menjadi komitmen Pemkab Seruyan dalam memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh masyarakat, dapat benar-benar dilaksanakan," beber dia.

Baca juga: Tingkatkan kualitas hidup masyarakat Seruyan dengan pengentasan RTLH

Menurut dia, dengan adanya ruangan khusus seperti tempat disabilitas dan lansia ini akan memudahkan masyarakat, karena memang ruangannya berbeda dan ini juga akan memudahkan pihak Disdukcapil dalam memberikan pelayanan.

"Adanya berbagai fasilitas penunjang pelayanan itu diharapkan bisa terus meningkatkan pelayanan, sesuai dengan kita selama ini yakni memberikan pelayanan yang prima dengan cepat, tepat dan prosedur," kata Yulhaidir.

Di tempat yang sama, Kepala Disdukcapil Seruyan Mansyur mengatakan pihaknya juga menyediakan kursi roda pada area ruang tersebut bagi penyandang disabilitas, karena ini memang merupakan salah satu rekomendasi dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) Republik Indonesia.

Selain kursi roda dan kamar juga ada toilet khusus bagi disabilitas dan lansia dan juga sudah menyediakan jalur khusus yang dibuat berupa pintu khusus untuk memudahkan masyarakat dalam melakukan perekaman. 

Baca juga: Pemprov Kalteng bantu optimalkan pembangunan ekonomi kabupaten/kota

Baca juga: Ketua DPRD Seruyan selesaikan vaksinasi COVID-19 meski fobia jarum suntik

Baca juga: Warga Desa Baung Seruyan usulkan bantuan cetak sawah