Warga Desa Baung Seruyan usulkan bantuan cetak sawah

id DPRD Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, Masfuatun ,Kabupaten Seruyan,Seruyan,Kalteng,Warga Desa Baung usulkan bantuan cetak sawah,cetak sawah

Warga Desa Baung Seruyan usulkan bantuan cetak sawah

Anggota DPRD Seruyan Masfuatun di Kuala Pembuang, (15/2/2021).ANTARA/HO-Dokumentasi Pribadi

KUALA PEMBUANG, Seruyan (ANTARA) - Legislator Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, Masfuatun menyatakan bahwa dirinya ada mendapat aspirasi dan usulan dari masyarakat di Desa Baung, Kecamatan Seruyan Hilir, agar dapat diikutkan dalam program cetak sawah.

"Aspirasi itu diterima saat anggota DPRD Seruyan dari daerah pemilihan I meliputi Kecamatan Seruyan Hilir dan Seruyan Hilir Timur," kata Masfuatun di Kuala Pembuang, Jumat.

Menurut Anggota DPRD Seruyan itu, cetak sawah tersebut dinilai cukup penting untuk membantu masyarakat dalam mengolah lahan pertanian, sehingga bisa dikelola dengan optimal dan hasil panen yang didapat juga maksimal.

Dia mengatakan penambahan cetak sawah itu juga otomatis hasil pertanian di kabupaten yang berjuluk Bumi Gawi Hantantiring ini juga akan meningkat, sehingga dapat mewujudkan Seruyan swasembada pangan yang saat ini masih diupayakan.

"Untuk merealisasikan cetak sawah tersebut harus disiapkan dengan baik, agar pada saat masuk Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) dan dianggarkan tidak mubazir," kata Masfuatun.

Baca juga: DKPP Seruyan tambah alsintan dukung swasembada pangan

Dia menyebut agar hal tersebut berjalan lancar dan baik, maka harus benar-benar disiapkan baik dari segi lahannya ataupun lainnya, contohnya saja dari ketersediaan lahan yang harus ada dan harus dalam satu hamparan dan bukan lahan yang terpisah-pisah, karena jika demikian tidak akan bisa.

Apalagi cetak sawah itu, lanjut dia, lahannya harus satu hamparan bukan terpisah-pisah, makanya kemarin kami juga meminta kepada warga untuk mempersiapkan lahannya terlebih dahulu.

"Dengan satu lahan yang berdekatan tanpa terpisah-pisah, maka akan memudahkan masyarakat itu sendiri juga dalam melakukan aktivitas pertanian, sehingga hasil yang didapat lebih maksimal," demikian Masfuatun.

Baca juga: DPRD Seruyan sebut jalan penghubung banyak alami kerusakan

Baca juga: BPBD Seruyan minta desa rawan Karhutla bentuk masyarakat peduli api

Baca juga: Cegah longsor, warga Pembuang Hulu minta penahan tebing dibangun

Pewarta :
Uploader : Admin 3
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar