Cegah longsor, warga Pembuang Hulu minta penahan tebing dibangun

id Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, Bambang Yantoko ,DPRD Kabupaten Seruyan,Kabupaten Seruyan,Kalteng,Seruyan,Pembuang Hulu

Cegah longsor, warga Pembuang Hulu minta penahan tebing dibangun

Wakil Ketua I DPRD Seruyan Bambang Yantoko di Kuala Pembuang, (9/11/2020).ANTARA/Radianor

KUALA PEMBUANG, Seruyan (ANTARA) - Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, Bambang Yantoko menyatakan bahwa pihaknya ada menerima aspirasi dan permintaan dari warga yang tinggal di daerah pemilihan II, khususnya Desa Pembuang Hulu I, agar dibangun siring penahan tebing.

"Permintaan tersebut sebagai upaya mencegah terjadinya tanah longsor yang rawan terjadi di sekitar Desa Pembuang Hulu I," kata Bambang di Kuala Pembuang, Kamis.

Dikatakan, hasil reses dan pantauan dari kalangan DPRD Seruyan pun menemukan beberapa titik tebing di Kuala Pembuang yang rawan dan telah terjadi erosi maupun longsor sangat parah, bahkan mengakibatkan ruas jalan hampir terputus.

Bambang mengatakan beberapa rumah di wilayah tersebut juga sudah sangat dekat sekali dengan tebing sungai, termasuk tempat pemakaman umum di desa tersebut terancam longsor ke sungai jika tidak segera dilakukan penyiringan.

"Hal tersebut diharapkan bisa menjadi perhatian Pemkab Seruyan, karena dampak longsor ini sangat besar, seperti rusaknya infrastruktur jalan, rumah-rumah warga serta tempat pemakaman umum di daerah itu," beber dia.

Baca juga: Bupati Seruyan pastikan tindak tegas pelaku pungli

Wakil rakyat Kabupaten Seruyan itu pun mengharapkan kepada Pemerintah harus segera menganggarkan dan membangun siring penahan tebing ini. Sebab, pembangunan siring ini bertujuan untuk menahan tebing sungai yang setiap waktunya terkikis oleh arus sungai, sehingga longsor di daerah tersebut dapat diatasi sebelum dampaknya menjadi besar.

Menurut dia, apabila dibiarkan saja tanpa ada upaya yang cepat untuk menangani erosi itu akan bertambah, karena air terus mengalir dan menyebabkan tebing tersebut longsor dan tentu dampaknya juga akan semakin parah.

"Kami juga berpesan agar warga yang bertempat tinggal di sekitar tebing berhati hati, terlebih lagi saat hujan karena longsor kerap terjadi pada saat hujan. Jadi, yang perlu dilakukan masyarakat juga meningkatkan kewaspadaan terhadap bencana," demikian Bambang.

Baca juga: Disdukcapil Seruyan tingkatkan pelayanan untuk penyandang disabilitas

Baca juga: Waket DPRD Seruyan sebut peran tenaga pakar sangat membantu

Baca juga: Legislator minta Pemkab Seruyan terus perhatikan kondisi pelaku usaha

Pewarta :
Uploader : Admin 3
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar