DKPP Seruyan tambah alsintan dukung swasembada pangan

id Pemkab seruyan, kuala pembuang, dkpp seruyan, dinas pertanian, swasembada pangan, kepala dkpp, albidinnor, alsintan, alat mesin pertanian

DKPP Seruyan tambah alsintan dukung swasembada pangan

Foto Dokumentasi - Kepala DKPP Seruyan Albidinnor. (ANTARA/Radianor)

Kuala Pembuang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian terus melakukan berbagai upaya untuk mewujudkan swasembada pangan, salah satunya dengan memprogramkan penambahan alat mesin pertanian (alsintan).

“Dalam upaya mendorong intensifikasi sektor pertanian di Seruyan, maka tahun ini kami akan menambah alsintan sebagai fasilitas penunjang para petani meningkatkan hasil produksi,” kata Kepala DKPP Seruyan Albidinnor di Kuala Pembuang, Kamis.

Menurut dia, upaya intensifikasi dengan pengadaan alat dan mesin pertanian ini, diharapkan mendorong serta memotivasi para petani dalam melakukan aktivitas pertanian.

Adanya dukungan alsintan, pihaknya berharap lahan persawahan akan tergarap secara optimal, guna mendukung terwujudnya swasembada pangan.

Diketahui bersama di kabupaten berjuluk Bumi Gawi Hantantiring tersebut, banyak dimiliki lahan pertanian, sehingga untuk mewujudkan Seruyan sebagai lumbung padi sangat mungkin diwujudkan.

Albidinnor menyampaikan, alsintan yang rencananya pada 2021 akan ditambahkan tersebut, berupa hand traktor dan alat panen, sehingga diharapkan para petani tidak lagi kesulitan menggarap lahannya.

Kemudian untuk waktu panen juga didukung dengan peralatan panen, sehingga mendorong produktivitas para petani menjadi meningkat dan memudahkan masyarakat petani.

Ia menambahkan, untuk meningkatkan hasil pertanian tidak hanya menambah alsintan namun juga upaya lainnya, seperti memberikan bantuan benih dan pupuk kepada para petani, sehingga akan dihasilkan padi unggul, berkualitas dan tentunya hasilnya meningkat.

“Saya harap dengan berbagai terobosan yang dilakukan ini, maka sektor pertanian di Seruyan terus berkembang dan para petani semakin sejahtera. Kami juga akan terus berupaya tanpa henti-hentinya untuk meningkatkan hasil petani,” demikian Albidinnor.