Pemkab Lamandau siap sukseskan program Kampus Merdeka

id hendra lesmana,umpr,sonedi,kabupaten lamandau,Lamandau siap sukseskan program Kampus Merdeka

Pemkab Lamandau siap sukseskan program Kampus Merdeka

Bupati Lamandau Hendra Lesmana (lima kiri) dan Rektor Universitas Muhammadiyah Palangkaraya Dr Sonedi (lima kanan) di Kabupaten Lamandau, Senin (9/3/2021) ANTARA/HO-UMPR

Palangka Raya (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Lamandau Provinsi Kalimantan Tengah siap menyukseskan kebijakan pemerintah pusat terkait program Kampus Merdeka, Merdeka Belajar.

Bupati Lamandau Hendra Lesmana melalui pernyataan yang diterima di Palangka Raya, Selasa mengatakan keterlibatan pihaknya dalam menyukseskan program tersebut diwujudkan dengan menjalin kerjasama dengan Universitas Muhammadiyah Palangka Raya (UMPR).

"Kami berharap ini juga menjadi momentum percepatan proses pembangunan kabupaten kami yang tergolong masih muda di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah ini," kata Hendra.

Dia mengatakan melalui kerja sama dan juga sekaligus sebagai bentuk dukungan terhadap program Kampus Merdeka, Kampus Belajar ini pihaknya berharap UMPR mengidentifikasi dan mengukur pembangunan daerah melalui kajian akademik.

Baca juga: UM Palangkaraya tingkatkan akhlak mahasiswa melalui kajian Islam

"Kami berharap Rektor UMPR bersama jajarannya melihat langsung dan mengidentifikasi potensi Kabupaten Lamandau. Kemudian menyusun langkah-langkah strategis yang dapat dilakukan pemerintah mempercepat laju pembangunan," katanya.

Dia mengungkapkan, kerja sama dengan berbagai pihak yang salah satunya UMPR ini merupakan salah satu langkah pemerintah setempat dalam upaya memaksimalkan potensi daerah.

Untuk itu, Hendra pun meminta jajaran pejabatnya mampu melihat dan mengidentifikasi peluang percepatan pembangunan yang salah satunya dapat dikerjasamakan dengan pada akademisi

Baca juga: UM Palangkaraya dorong remaja gemar budidaya tanaman obat

Sementara itu, Rektor UMPR Dr Sonedi mengatakan sebagai kabupaten muda di Kalimantan Tengah, Kabupaten Lamandau memiliki sejumlah potensi daerah yang menjanjikan jika dapat dimanfaatkan secara maksimal.

"Melalui kerjasama ini kami siap mendukung Pemkab Lamandau dari berbagai bidang seperti melalui penelitian, pengiriman mahasiswa KKN dan program lain sesuai konsep Kampus Merdeka, Kampus Belajar," katanya saat dikonfirmasi terkait kunjungannya ke Pemkab Lamandau, Senin (8/3).

Rektor yang didampingi sejumlah jajaran pejabat di lingkungan UMPR itu pun berharap Pemkab Lamandau dan jajarannya dapat memfasilitasi generasi mudanya melanjutkan studi di universitas swasta terbesar di Provinsi Kalimantan Tengah ini dalam rangka meningkatkan kualitas sebagai modal pembangunan daerah.

Baca juga: UM Palangkaraya gandeng ilmuwan dunia tingkatkan kualitas pembelajaran

Baca juga: UM Palangka Raya gandeng dua perusahaan farmasi bedah mutu kemasan kosmetik

Baca juga: UM Palangkaraya fokus kembangkan bahan herbal dari Kalteng untuk kosmetik