Legislator Gumas dorong PDAM perluas pelayanan hingga desa

id Legislator Gumas,gunung mas,Kalimantan Tengah, Arit S Bajau,Legislator Gumas dorong PDAM perluas pelayanan hingga desa

Legislator Gumas dorong PDAM perluas pelayanan hingga desa

Legislator Gumas Arit S Bajau. (ANTARA/Chandra)

Kuala Kurun (ANTARA) - Legislator Kabuaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah Arit S Bajau mendorong Perusahaan Daerah Air Minum kabupaten setempat agar memperluas pelayanan kepada masyarakat hingga ke pedesaan.

“Berdasarkan hasil reses di daerah pemilihan I yang meliputi Kecamatan Sepang, Mihing Raya, dan Kurun, sebagian masyarakat menginginkan adanya pelayanan air bersih dari PDAM,” ucapnya saat dihubungi dari Kuala Kurun, Minggu.

Dia menyebut bahwa selama ini sebagian masyarakat di wilayah kabupaten bermotto Habangkalan Penyang Karuhei Tatau masih mengandalkan sumur bor, untuk memenuhi kebutuhan terhadap air bersih.  

Terlebih, tutur pria kelahiran Desa Sepang Kota, Kecamatan Sepang ini, pandemi COVID-19 membuat masyarakat memiliki kebiasaan baru yakni  rajin mencuci tangan dengan sabun dan air bersih mengalir.

Baca juga: RSPD Gumas Hamauh FM bantu promosikan lagu berbahasa Dayak Ngaju

Agar kebiasaan baru tersebut dapat dilakukan, tentunya diperlukan air bersih yang memadai. Oleh sebab itu, dia berharap PDAM Gumas dapat memperluas pelayanan kepada masyarakat, hingga ke pedesaan.

Lebih lanjut, Arit juga mengimbau kepada masyarakat untuk bersama-sama menjaga fasilitas, serta sarana dan prasarana air bersih yang telah dibangun oleh pemerintah, sehingga pelayanan air bersih selalu dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Terpisah, Direktur PDAM Gumas Guntur J Ruben mengatakan saat ini jumlah pelanggan di perusahaan tersebut telah mencapai ribuan sambungan rumah (SR), melalui enam unit Instalasi Kota Kecamatan (IKK).

Dia menjelaskan, jumlah pelanggan IKK Kurun Kecamatan Kurun adalah sebanyak 3.139 SR, IKK Tewah Kecamatan Tewah 1.636 SR, dan IKK Tumbang Miri Kecamatan Kahayan Hulu Utara 442 SR.

Selanjutnya IKK Sepang Kecamatan Sepang sebanyak 268 SR, IKK Kampuri Kecamatan Mihing Raya 399 SR, dan IKK Tumbang Talaken Kecamatan Manuhing 285 SR. Jumlah pelanggan ditargetkan akan bertambah lagi tahun ini.

”Sesuai rencana kerja, pada tahun 2021 ini kami menargetkan akan ada penambahan pelanggan sebanyak 500 SR yang tersebar di berbagai IKK. Semoga target itu bisa tercapai,” demikian Guntur J Ruben.

Baca juga: Calon jamaah haji Gumas diminta bersabar menunggu kepastian berangkat

Baca juga: Plt Bendahara DPC Partai Demokrat Gumas menyatakan kesetiaan pada AHY

Baca juga: Legislator Gumas berharap mahasiswa bawa kemajuan bagi desa