Penyelarasan program perangkat daerah dan hasil musrenbang

id Pemkab sukamara, sukamara, bupati sukamara, windu subagio, kalteng, kalimantan tengah

Penyelarasan program perangkat daerah dan hasil musrenbang

Forum perangkat daerah Sukamara 2021 di Aula Bappeda Sukamara, Senin, (29/3/2021). (ANTARA/Lalang)

Sukamara (ANTARA) - Bupati Sukamara, Kalimantan Tengah Windu Subagio mengatakan, forum perangkat daerah merupakan tahapan lanjutan dalam rangkaian proses penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD).

"Kita fokuskan kepada prioritas program dan kegiatan yang nantinya akan termuat dalam RKPD tahun 2022,” ucap Windu di Sukamara, Senin.

Hal itu ia sampaikan saat membuka forum perangkat daerah Sukamara 2021, dalam rangka penyusunan RKPD 2022 mendatang.

Tujuan forum ini, untuk menyelaraskan program dan kegiatan perangkat daerah dengan usulan program dan kegiatan hasil musrenbang di tingkat kecamatan.

"Juga untuk mempertajam indikator kinerja, target dan sasaran dari program maupun kegiatan perangkat daerah sesuai tugas dan fungsi masing-masing perangkat daerah," jelasnya.

Kemudian untuk menyelaraskan program dan kegiatan antar perangkat daerah dalam rangka optimalisasi pencapaian sasaran, sesuai kewenangan daerah demi sinergi dalam pelaksanaan prioritas pembangunan.

Ia pun mengingatkan kembali beberapa hal penting kepada kepala perangkat daerah beserta jajaran, agar benar-benar memerhatikan hasil musrenbang tingkat kecamatan.

Hal itu perlu dilakukan, sehingga nantinya dapat menyerap dan mengalokasikan program maupun kegiatan secara proporsional sesuai kebutuhan kecamatan, desa maupun kelurahan.

Windu menegaskan, semua program maupun kegiatan yang nantinya dilaksanakan pada 2022 harus lebih fokus dan konkrit, disertai solusi maupun langkah antisipasi, serta menyesuaikan skala prioritas kebutuhan masyarakat Sukamara.

”Sehubungan keterbatasan kemampuan keuangan daerah, kita semua dapat menyikapi permasalahan ini dengan menyusun rencana kerja perangkat daerah yang lebih komprehensif dengan memanfaatkan anggaran yang tersedia secara optimal, efektif dan efisien,” jelasnya.