Jelang Ramadhan, DPRD harapkan operasi pasar dilaksanakan

id Ketua DPRD Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, Zuli Eko Prasetyo ,DPRD Kabupaten Seruyan,Kabupaten Seruyan,Seruyan,DPRD Seruyan

Jelang Ramadhan, DPRD harapkan operasi pasar dilaksanakan

Aktivitas pedagang di Pasar SAIK Kuala Pembuang, (3/4/2021). ANTARA/Radianor

KUALA PEMBUANG, Seruyan (ANTARA) - Ketua DPRD Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, Zuli Eko Prasetyo mengingatkan sekaligus meminta pemerintah setempat melalui instansi terkait dalam hal ini Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan, agar melaksanakan operasi pasar ke sejumlah pusat perbelanjaan.

"Saya harap kepada instansi terkait agar menjelang bulan suci Ramadhan yang waktunya kurang lebih dalam seminggu kedepan bisa segera melaksanakan operasi pasar," kata Eko di Kuala Pembuang, Senin.

Menurut wakil rakyat Kabupaten Seruyan itu, saat menjelang bulan suci ini yang mana tidak jarang harga bahan pokok di pasaran mengalami kenaikan, sehingga bisa melakukan upaya  antisipasi agar bisa normal.

"Tidak lama lagi  kita akan menghadapi bulan suci Ramadan 2021 biasanya menjelang bulan puasa itu harga-harga bahan pokok akan mengalami kenaikan, makanya saya minta agar dinas bisa melakukan inspeksi mendadak (sidak)," kata Eko.

Selain untuk menjaga kestabilan harga bahan-bahan pokok di pasar, hal ini juga dimaksudkan demi memantau ketersediaannya agar jangan sampai terjadi kelangkaan. Kemudian bahan yang beredar di pasaran juga harus diawasi, dalam artian jangan sampai ada  makanan yang sudah kadaluwarsa.

Baca juga: Masyarakat di Desa Tumbang Sepan minta bantuan transportasi pertanian

Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan itu mengingatkan kepada para pedagang agar jangan memanfaatkan keadaan seperti melakukan penimbunan bahan pokok dan lain sebagainya sehingga menyebabkan kelangkaan.

"Untuk masyarakat juga harus lebih teliti dalam melakukan pembelian, baik itu dari segi kadaluwarsanya ataupun yang lainnya," ucap Eko.

Dia mengingatkan, jangan sampai ada oknum-oknum yang sengaja memanfaatkan keadaan, mulai dari menaikkan harga, menimbun bahan makanan dan lain sebagainya. Karena itu akan membuat masyarakat kesulitan terlebih dalam situasi seperti saat ini, makanya dinas harus terus memantau. 

"Saya berharap semoga dengan adanya operasi pasar nantinya dapat mengantisipasi kenaikan harga, sehingga masyarakat pembeli ataupun pedagang tidak merasa dirugikan," demikian Eko.

Baca juga: Sampah non domestik picu penumpukan di TPA Seruyan Hilir Timur

Baca juga: Legislator Seruyan minta pemerintah bantu atasi tingginya harga cabai

Baca juga: Legislator minta segera ditempatkan dokter di Puskesmas Danau Sembuluh