Benarkah bawang mentah dan garam bisa sembuhkan COVID-19?

id covid 19,obat covid,Benarkah bawang mentah dan garam bisa sembuhkan COVID-19?

Benarkah bawang mentah dan garam bisa sembuhkan COVID-19?

Ilustrasi bawang merah iris (antara/Pexel)

Jakarta (ANTARA) - Di tengah kegiatan vaksinasi sebagai salah satu upaya membantu mengurangi risiko Anda terkena COVID-19, sebagian orang juga melirik pengobatan rumahan untuk meningkatkan kekebalan dan bahkan menyembuhkan penyakit.

Dua bahan yang menjadi sorotan adalah bawang merah mentah dan garam. Ada yang berpendapat konsumsi kedua bahan masakan ini dapat menyembuhkan COVID-19. Benarkah pendapat ini?

Pakar pulmonolgi dari Fortis Hospital Noida, India, Dr.Mrinal Sircar secara tegas membantahnya.

“Tidak, tidak bisa. Harap pertahankan jarak sosial, kenakan masker Anda dan tetap menjaga kebersihan Jangan ikuti mitos semacam itu. Bila Anda terinfeksi, ikuti petunjuk perawatan yang disarankan oleh dokter Anda. Ini bukan waktu yang tepat untuk mengabadikan mitos," kata dia seperti dikutip dari Indian Express, Rabu.

Baca juga: Kenali penyebab bau ketiak seperti bawang dan tips mengatasinya

Untuk mengurangi kemungkinan terinfeksi virus, dokter menyarankan Anda untuk divaksinasi. Bahkan setelah divaksinasi penuh, Anda harus terus mengikuti protokol kesehatan mulai dari memakai masker hingga menjaga jarak sosial - untuk menghindari penularan.

Apabila Anda dicurigai atau dipastikan telah terinfeksi, Anda harus diisolasi dan segera berkonsultasi dengan dokter.

Para ahli kesehatan juga merekomendasikan Anda mengonsumsi makanan bergizi seimbang termasuk sayuran dan buah-buahan untuk memastikan kekebalan Anda ditingkatkan.

Kemudian, orang yang sedang dalam masa pemulihan atau telah pulih dari COVID-19 juga harus makan makanan sehat yakni terdiri dari protein, vitamin dan mineral, serta minum air yang cukup.

Baca juga: Kesalahan dalam mengolah bawang putih hingga brokoli

Baca juga: Benarkah bawang putih bisa obati infeksi corona?

Baca juga: Lawan pilek hingga kanker payudara dengan bawang merah