KPU Seruyan gandeng UMPR sosialisasikan DPT kepada siswa

id KPU Seruyan gandeng UMPR sosialisasikan DPT pada siswa, Kalteng, Seruyan, KPU Seruyan

KPU Seruyan gandeng UMPR sosialisasikan DPT kepada siswa

Dokumentasi - KPU Seruyan dan FKIP UMPR menyosialisasikan DPT pada siswa SMA kelas 12 di Kabupaten Seruyan. ANTARA/HO/UMPR

Palangka Raya (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Seruyan menggandeng Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palangkaraya (FKIP UMPR) dalam mensosialisasikan pentingnya masuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) kepada para siswa.

"Keterlibatan pihak universitas dalam sosialisasi ini juga untuk menambah semangat para siswa untuk melanjutkan pendidikan di jenjang perguruan tinggi sebagai upaya meningkatkan kualitas diri," kata Komisioner KPU Kabupaten Seruyan Karyadi melalui pernyataan yang diterima di Palangka Raya, Senin.

Dia mengatakan, menjadi sangat penting bagi para siswa yang berusia 17 tahun lebih untuk memastikan diri masuk DPT. Selain merupakan hak, memastikan masuk DPT juga merupakan keterlibatan aktif masyarakat dalam pelaksanaan demokrasi.

"Maka para siswa yang kini telah kelas 12 agar senantiasa mengembangkan kemampuan diri dan agar aktif terlibat dalam demokrasi. Ini juga karena nantinya mereka yang akan melanjutkan pembangunan daerah," katanya.

Pernyataaan itu diungkapkan dia terkait pelaksanaan sosialisasi terkait hak dan kewajiban serta pentingnya para siswa kelas 12 di Kabupaten Seruyan yang telah memenuhi syarat untuk memastikan diri masuk DPT.

Sementara itu, Dekan FKIP UMPR Hendri MPd sangat mendukung KPU Seruyan dalam menyosialisasikan DPT kepada siswa SMA kelas XII tersebut.

Dia mengatakan tak hanya dalam berpolitik, dalam dunia pendidikan pun juga penting bagi para siswa untuk memastikan diri masuk DPT. Setidaknya jika para siswa nantinya bisa turut terlibat memilih wakil atau pemimpin daerah yang menentukan kebijakan termasuk bidang pendidikan.
Baca juga: FKIP UMPR fasilitasi penguatan kualifikasi pendidikan guru PAUD di Seruyan

"Maka memastikan siswa terdaftar dalam DPT sangat penting sehingga nantinya bisa menggunakan hak pilih dan jangan sampai golput atau kehilangan hak suara," kata Hendri.

Di sisi lain, Hendri juga menawarkan para siswa untuk melanjutkan pendidikan di jenjang sarjana strata satu (S1) di FKIP UMPR yang terakreditasi "baik" menyediakan program studi PGSD, BK, Pendidikan Ekonomi dan Pendidikan teknologi Informasi.

Nantinya para mahasiswa yang berkuliah di FKIP UMPR juga berkesempatan mendapat beasiswa beasiswa Bidikmisi, Beasiswa Kalteng Berkah, beasiswa dari bank Mitra serta beasiswa lainnya.

"Kemudian bagi mahasiswa yang berkuliah di FKIP UMPR berkesempatan untuk melaksanakan kuliah kerja lapangan ( KKL) dan Kuliah kerja nyata (KKN) di luar negeri seperti Thailand Selatan dan Malaysia," katanya.

Baca juga: UMPR berikan bantuan iuran BPJS Ketenagakerjaan bagi pekerja rentan

Baca juga: UMPR telah ikuti tahap akhir penjurian Paritrana Awards BPJAMSOSTEK