Legislator Gumas sebut masyarakat Sumur Mas dambakan air bersih

id Legislator Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah,Elvi Esie,Legislator Gumas sebut masyarakat Sumur Mas dambakan air bersih

Legislator Gumas sebut masyarakat Sumur Mas dambakan air bersih

Legislator Kabupaten Gumas Elvi Esie saat melaksanakan reses perseorangan di Desa Sumur Mas, Kecamatan Tewah, Kamis (15/7/2021). (ANTARA/HO-Dokumentasi pribadi)

Kuala Kurun (ANTARA) - Legislator Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah Elvi Esie mengatakan bahwa masyarakat Desa Sumur Mas, Kecamatan Tewah, mendambakan pasokan atau pelayanan air bersih dari pemerintah.

“Masyarakat Sumur Mas menyampaikan harapannya terkait pelayanan air bersih dari pemerintah saat saya melaksanakan reses perseorangan ke desa setempat,” ucap Elvi saat dihubungi dari Kuala Kurun, Jumat.

Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan) ini menyebut bahwa selama ini masyarakat Sumur Mas masih mengandalkan air sungai, untuk memenuhi kebutuhan terhadap air bersih.

Sayangnya, tutur wakil rakyat dari daerah pemilihan III yang meliputi Kecamatan Tewah, Kahayan Hulu Utara, Miri Manasa, dan Damang Batu ini, air sungai yang biasa digunakan masyarakat Sumur Mas tidak lagi sebaik dulu.

Baca juga: Legislator Gumas desak pemerintah percepat pendistribusian vaksin

Dia menuturkan, air bersih merupakan kebutuhan utama bagi masyarakat. Terlebih, di tengah terjadinya pandemi COVID-19 masyarakat dituntut untuk disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan yang salah satunya adalah rajin mencuci tangan dengan sabun dan air bersih mengalir.

Oleh sebab itu, dia berharap pemerintah dapat memberi pelayanan air bersih kepada masyarakat Sumur Mas, baik itu dengan memanfaatkan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) maupun melalui program  Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas).

Selain itu, saat pelaksanaan reses perseorangan di Sumur Mas ada berbagai usulan yang disampaikan oleh masyarakat. Salah satu yang dinilai mendesak adalah perbaikan rumah dinas guru Sekolah Dasar (SD).

Baca juga: Masyarakat Gumas diminta hati-hati hoaks terkait bantuan PPKM

Dia mengatakan bahwa berbagai usulan tadi akan ditampung dan disampaikan kepada Pemerintah Kabupaten Gumas, agar nantinya pemkab melalui perangkat daerah terkait dapat menindaklanjuti usulan tersebut.

Lebih lanjut, dia menegaskan bahwa pelaksanaan reses perseorangan di Sumur Mas dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat, demi menghindari munculnya klaster baru COVID-19.

“Saya juga mengimbau kepada masyarakat agar selalu disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan, supaya tidak terpapar COVID-19. Masyarakat juga saya minta untuk tidak ragu mengikuti vaksinasi COVID-19,” demikian Elvi Esie.

Baca juga: Legislator Gumas ingatkan masyarakat agar tertib saat mengikuti vaksinasi

Baca juga: PDAM Gumas siap bantu pemkab terima pembayaran retribusi persampahan

Baca juga: Pemkab Gumas berencana gandeng PDAM dalam pemungutan retribusi persampahan