Bupati Murung Raya lantik 62 kepala desa hasil pilkades serentak

id Bupati Murung Raya lantik 62 kepala desa hasil pilkades serentak, Kalteng, Mura, murung raya

Bupati Murung Raya lantik 62 kepala desa hasil pilkades serentak

Bupati Murung Raya, Perdie M. Yoseph saat melantik 62 kepala desa hasil pemilihan kepala desa serentak di wilayah setempat, Selasa (3/8/2021). ANTARA/Supriadi

Puruk Cahu (ANTARA) - Bupati Murung Raya, Kalimantan Tengah, Perdie Midel Yoseph melantik 62 kepala desa hasil pemilihan kepala desa (pilkades) serentak di wilayah setempat di Puruk Cahu, Selasa.

"Harus menjadi pemimpin yang berintegritas, berkarakter serta merangkul semua pihak, termasuk merangkul kepala desa terdahulu," ucap Perdie.

Perdie M. Yoseph pada kesempatan itu mengingatkan kepala desa yang sudah dilantik agar segera menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja sebab saat ini sudah menjadi pejabat publik yang memiliki tugas dan tanggung jawab.

Ia juga mengingatkan kepala desa agar dalam membuat program kegiatan harus tegak lurus dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) yang mengacu pada via dan misi Bupati dan Wakil Bupati Murung Raya periode 2018-2023.

"Hal itu agar program pembangunan bisa selaras dengan RPJMD, sehingga pembangunan bisa terarah dan kesejahteraan masyarakat bisa terus mengalami peningkatan," kata Perdie.

Sementara Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Mura, Asnawiyan melalui Sekretaris DPMD Mura, Simon Loteh mengatakan kepala desa yang dilantik ini adalah mereka yang terpilih dalam pilkades serentak beberapa waktu lalu.

Menurut Simon, untuk pilkades serentak tahun 2021 ini merupakan pilkades serentak keempat kali yang dilaksanakan di Murung Raya. Pilkades serentak kali ini merupakan yang paling banyak diikuti peserta.

Setelah pelaksanaan pilkades pada Juni lalu juga terdapat beberapa calon kepala desa yang mengajukan gugatan dengan berbagai aduan dan permasalahan. Hal itu semua sudah diselesaikan di tingkat kabupaten.

Menurut dia, pelantikan kepala desa ini dilaksanakan, baik secara langsung maupun virtual, karena ada lima kepala desa yang hasil tes cepat deteksi COVID-19 menunjukkan reaktif, sehingga mereka mengikuti secara virtual sambil menunggu hasil PCR.

Baca juga: PWI ikut rayakan Hari Jadi Murung Raya

Ia juga menjelaskan, sebanyak 62 kepala desa yang dilantik ini berasal dari 10 kecamatan yang ada di kabupaten ini.

"Sebanyak 62 orang tersebut terdiri dari 5 orang kepala desa dari Kecamatan Murung, 9 orang kepala desa dari Kecamatan Laung Tuhup, dan dua orang kepala desa dari Kecamatan Sumber Barito.

Kemudian lanjut dia, sebanyak  21 orang kepala desa dari Kecamatan Tanah Siang, dua orang dari Kecamatan Barito Tuhup Raya, dan empat orang dari Kecamatan Seribu Riam.

"Enam orang dari Tanah Siang Selatan, satu orang dari Kecamatan Uut Murung, lima orang dari kecamatan Sungai Babuat, dan tujuh orang dari Kecamatan Permata Intan," jelas Simon Loteh.

Acara pelantikan kepala desa periode 2021-2027 yang berlangsung di Gedung Pertemuan Umum (GPU) Tira Tangka Balang di Puruk Cahu tersebut dilaksanakan secara terbatas dengan tetap menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran COVID-19.

Baca juga: DPRD harapkan Murung Raya lebih mandiri

Baca juga: Pembangunan berbagai bidang di Mura terus dilaksanakan meski pandemi

Baca juga: Pemprov Kalteng ajak masyarakat Mura bersinergi hadapi pandemi COVID-19