Pembangunan berbagai bidang di Mura terus dilaksanakan meski pandemi

id Pemkab mura, murung raya, bupati mura perdie m yoseph, syukuran hari jadi ke 19 murung raya, puruk cahu, kalteng

Pembangunan berbagai bidang di Mura terus dilaksanakan meski pandemi

Syukuran Hari Jadi ke-19 Murung Raya di Puruk Cahu, Senin, (2/8). (ANTARA/Supriadi)

Puruk Cahu (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Murung Raya, Kalimantan Tengah menggelar syukuran di hari jadi ke-19 kabupaten setempat dengan tema "Murung Raya Sehat Masyarakat Produktif".

"Maksud dari tema ini, pembangunan di segala bidang terus dilaksanakan walaupun masih dalam suasana pendemi COVID-19," kata Bupati Murung Raya, Perdie M Yoseph di Puruk Cahu, Senin.

Dalam upaya membangun Murung Raya di masa jabatan periode 2018-2023, pihaknya telah banyak melaksanakan berbagai program, baik bidang pendidikan, kesehatan maupun infrastruktur.

Untuk bidang pendidikan, Pemkab Mura selain menggratiskan biaya pendidikan di sekolah negeri tingkat SD dan SMP, juga memberikan bantuan untuk mahasiswa dalam meraih gelar sarjana dengan jumlah 10 orang per desa. Bantuan per orang senilai Rp10 juta pertahunnya.

Sedangkan di bidang kesehatan lanjut dia, pemkab juga memberikan layanan kesehatan gratis bagi masyarakat Mura melalui program Kartu Mura Sehat (KMS) yang sudah terintergasi dengan JKN-KIS.

Ia mengatakan, menghadapi masa pendemi COVID-19, pemkab juga menyalurkan barbagai program bantuan untuk warga terdampak, baik sejumlah uang tunai maupun sembako.

Sebagai acara penutup dari kegiatan syukuran dilaksanakan doa bersama lintas agama dan pemotongan tumpeng atau panginan sukup simpang kanon cicip genep oleh Bupati Murung Raya.

Acara syukuran hari jadi berlangsung di Gedung Pertemuan Umum (GPU) Tira Tangka Balang, dilaksanakan sederhana dan terbatas dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Kegiatan diikuti secara virtual oleh Wakil Gubernur Kalimantan Tengah, Edy Pratowo dan sejumlah kepala daerah lainnya.

Dalam kegiatan itu juga dihadiri anggota DPR RI Dapil Kalteng yang juga mantan Bupati Murung Raya dua periode, Willy M Yoseph.

Acara syukuran secara langsung tersebut dihadiri wakil Bupati Rejikinoor, unsur pimpinan DPRD, Kapolres AKBP I Gede Putu Widayana, Dandim 1013/Mtw, Letkol Kav. Rinaldi Irawan M.Han, Kajari Mura, Suyanto, Kepala SOPD lingkup Pemkab Mura, tokoh masyarakat, tokoh agama serta para investor.