Kabupaten Gunung Mas laksanakan vaksinasi serentak di 15 tempat

id Kabupaten Gunung Mas,gumas,Kabupaten Gunung Mas laksanakan vaksinasi serentak di 15 tempat,Kalimantan Tengah ,Maria Efianti

Kabupaten Gunung Mas laksanakan vaksinasi serentak di 15 tempat

Bupati Gumas Jaya S Monong (batik kuning) dan Kapolres Gumas AKBP Irwansah memantau langsung pelaksanaan vaksinasi di Taman Kota Kuala Kurun, Kamis (5/8/2021). (ANTARA/HO-Setda Gumas)

Kuala Kurun (ANTARA) - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah Maria Efianti melalui Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Nia Ernawati mengatakan pelaksanaan vaksinasi serentak dilaksanakan di 15 tempat di wilayah setempat, Kamis.

“Vaksinasi serentak ini dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Di Gumas dilaksanakan di 15 tempat yang tersebar di sejumlah kecamatan,” ucap Nia saat dihubungi dari Kuala Kurun.

Adapun 15 tempat tersebut adalah gedung lama kecamatan di Kecamatan Sepang, Puskesmas Kampuri Kecamatan Mihing Raya, Taman Kota Kuala Kurun, Puskesmas Kurun, Puskesmas Tewang Pajangan, dan RSUD Kuala Kurun di Kecamatan Kurun.

Kemudian Puskesmas Tumbang Lapan di Kecamatan Rungan Hulu, Polsek Rungan di Kecamatan Rungan, Puskesmas Rabambang di Kecamatan Rungan Barat, dan Puskesmas Talaken di Kecamatan Manuhing.  

Baca juga: Pemkab Gumas bantu pelaku usaha di Taman Kota Kuala Kurun

Lalu Puskesmas Tewah di Kecamatan Tewah, Puskesmas Tumbang Miri di Kecamatan Kahayan Hulu Utara, Puskesmas Tumbang Marikoi dan Puskesmas Tumbang Mahuroi di Kecamatan Damang Batu, dan Puskesmas Tumbang Masukih di Kecamatan Miri Manasa.

“Ada 175 vial vaksin yang disiapkan untuk pelaksanaan vaksinasi serentak saat ini. Vaksinasi ini merupakan vaksinasi dosis kedua, di mana sebelumnya mereka sudah mengikuti vaksinasi dosis pertama,” bebernya.

Dia menerangkan, hingga 4 Agustus 2021, sebanyak 19.341 masyarakat di kabupaten bermoto ‘Habangkalan Penyang Karuhei Tatau’ telah mengikuti vaksinasi dosis pertama dan 11.229 masyarakat telah mengikuti vaksinasi dosis kedua.

Lebih lanjut, dia mengimbau kepada masyarakat agar tetap disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan, walau sudah mengikuti vaksinasi dosis kedua. Jangan sampai karena sudah divaksin dosis kedua masyarakat malah mengabaikan protokol kesehatan.

Masyarakat, sambung dia, hendaknya selalu mengenakan masker saat keluar rumah, rajin mencuci tangan dengan sabun dan air bersih mengalir, menjaga jarak fisik, menghindari kerumunan, serta mengurangi mobilitas.

Masyarakat juga diingatkan agar tidak mengunggah sertifikat bukti vaksinasi COVID-19 ke media sosial, untuk melindungi data pribadi yang ada dalam sertifikat bukti vaksinasi COVID-19 tersebut.

Dari pantauan, masyarakat antusias mengikuti pelaksanaan vaksinasi di Taman Kota Kuala Kurun. Bupati Gumas Jaya S Monong dan Kapolres Gumas AKBP Irwansah memantau langsung pelaksanaan vaksinasi di Taman Kota Kuala Kurun.

Baca juga: Pelamar CPNS Pemkab Gunung Mas TMS bisa ajukan sanggahan

Baca juga: Banggar DPRD Gumas ingin PAD tidak hanya bertumpu pada BPHTB

Baca juga: Legislator Gumas ingatkan bahaya polusi debu batu bara