SMP di Gumas ajarkan demokrasi melalui pemilihan Ketua OSIS

id SMP di Gumas,gunung mas,i pemilihan Ketua OSIS,berita kalteng,SMP di Gumas ajarkan demokrasi melalui pemilihan Ketua OSIS

SMP di Gumas ajarkan demokrasi melalui pemilihan Ketua OSIS

Peserta didik SMPN 2 Kurun menggunakan hak pilih pada pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS, di sekolah setempat, Rabu (22/9/2021). (ANTARA/Chandra)

Kuala Kurun (ANTARA) - Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Kurun, Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, menyelenggarakan pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS lewat proses pemungutan suara seperti prosedur pemilihan umum, Rabu.

“Melalui pelaksanaan pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS ini kami ingin mengajarkan para peserta didik sistem demokrasi dan cara menggunakan hak suara dengan baik,” ucap Kepala SMPN 2 Kurun Ina Marita.

Dia menyebut, pelaksanaan pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS seperti ini baru pertama kali dilakukan di SMPN yang terletak di Desa Tewang Pajangan, Kecamatan Kurun itu.

Dalam pelaksanaannya dipastikan menerapkan protokol kesehatan secara ketat, di mana mereka yang menggunakan hak suara wajib mengenakan masker, serta mencuci tangan dengan sabun dan air bersih yang telah disiapkan pihak sekolah.

Baca juga: Pemerintah desa di Gumas diingatkan segera lakukan musrenbangdes

Pihak sekolah juga menyiapkan petugas untuk mengukur suhu tubuh, menyiapkan hand sanitizer yang dapat digunakan warga sekolah, dan warga sekolah yang menggunakan hak pilih menunggu giliran dengan tertib.

Pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS ini diikuti oleh tiga pasangan calon. Paslon nomor urut 1 adalah Kezia dan Monica, nomor urut 2 adalah Celsi dan Saskia, sedangkan nomor urut 3 adalah Landie dan Adit.

Beberapa hari sebelum pemilihan, tutur dia, ketiga paslon diberi kesempatan untuk berkampanye, menyampaikan program yang ditawarkan jika mereka terpilih sebagai ketua dan wakil ketua OSIS.

Saat pelaksanaan pemilihan, ada 118 warga sekolah yakni guru dan peserta didik yang menggunakan hak suara, di mana paslon nomor urut 1 memperoleh 37 suara, nomor urut 2 memperoleh 53 suara, dan nomor urut 3 memperoleh 28 suara, serta ada satu suara tidak sah karena mencoblos dua paslon.

Lebih lanjut, dia mengapresiasi tiga paslon yang telah bersaing secara sportif dalam pelaksanaan ketua dan wakil ketua OSIS. Rencananya pelantikan ketua dan wakil ketua OSIS terpilih akan dilantik pada Senin (27/9) mendatang.

“Selamat kepada pemenang, kepada yang tidak terpilih jangan berkecil hati karena masih ada kesempatan lain. Saya juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung kegiatan ini,” demikian Ina Marita.

Baca juga: Distan Kabupaten Gumas gerak cepat obati ternak sakit

Baca juga: Distan Gumas segera sosialisasikan KUR pertanian ke petani

Baca juga: Legislator Gunung Mas: Bansos harus tepat sasaran