Buah beri hingga kafein bisa bantu tingkatkan kesehatan paru

id Buah beri ,paru paru,kesehatan paru,kafein,Buah beri hingga kafein bisa bantu tingkatkan kesehatan paru

Buah beri hingga kafein bisa bantu tingkatkan kesehatan paru

Ilustrasi buah beri (ANTARA/Shutterstock/Bojsha)

Jakarta (ANTARA) - Menjaga kesehatan paru-paru sama pentingnya dengan jantung, ginjal dan organ tubuh lainnya, oleh karenanya sangat perlu untuk menerapkan diet seimbang.

Berbicara soal paru-paru, untuk menjaganya agar tetap sehat dan berfungsi optimal adalah menjauhi rokok.

Selain itu, mengkonsumsi beberapa makanan tertentu juga dapat meningkatkan kesehatan paru-paru. Berikut ini adalah lima makanan yang dapat menjaga kesehatan paru-paru, dikutip Indian Express pada Minggu.

Buah beri

Buah beri sarat dengan antosianin, flavanoid yang ditemukan dalam stroberi, beri biru, dan lainnya. Kerusakan paru-paru dapat terjadi karena radikal bebas, dan senyawa antioksidan yang ditemukan dalam buah beri ini membantu memperlambat penurunan fungsi paru-paru yang biasanya terjadi karena usia.

Garam

Kelebihan konsumsi garam dapat menyebabkan memburuknya gejala asma. Oleh karena itu, disarankan untuk makan makanan segar yang dimasak di rumah daripada varietas yang dikemas.

Baca juga: Ini alasan PPOK bisa munculkan sesak

Sayuran berdaun hijau

Sayuran berdaun hijau kaya akan karotenoid, dan penelitian telah menunjukkan bahwa sayuran ini membantu mengurangi kemungkinan kanker paru-paru.

Oleh karena itu, seseorang harus memasukkan sayuran seperti bayam ke dalam menu harian.

Buah dan sayuran berwarna merah

Paprika merah, tomat dan sejenisnya sarat dengan likopen, yang merupakan antioksidan yang membantu kesehatan paru-paru. Jus tomat telah terbukti memperbaiki peradangan saluran napas.

Ini sangat bermanfaat bagi mereka yang menderita penyakit paru obstruktif kronik. Lycopene juga membantu menunda penurunan fungsi paru-paru terkait usia.

Kafein

Asupan kafein secara teratur dapat bermanfaat karena kopi berfungsi sebagai anti-inflamasi dan mengandung polifenol yang memfasilitasi fungsi paru-paru yang baik. Namun yang harus diingat adalah tidak mengkonsumsi kafein secara berlebihan.

Baca juga: Waspada, tanda-tanda paru Anda bermasalah

Baca juga: Benarkah minuman probiotik cegah kanker paru-paru? Ini faktanya

Baca juga: Mulai lindungi paru dengan berhenti merokok

Pewarta :
Uploader : Admin Kalteng
COPYRIGHT © ANTARA 2021