DLHK Seruyan: Jangan buang sampah ke sungai

id Dlhk seruyan, sampah, seruyan, kuala pembuang, kalteng, sampah sungai

DLHK Seruyan: Jangan buang sampah ke sungai

Dokumentasi - Perahu milik warga sedang mengangkut penumpang melintasi sungai, Kuala Pembuang. (ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)

Kuala Pembuang (ANTARA) - Pelaksana Tugas Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Seruyan, Kalimantan Tengah Adhian Noor meminta masyarakat tidak membuang sampah sembarangan seperti ke sungai, agar kelestarian lingkungan tetap terjaga.

“Jadi, untuk mewujudkan lingkungan bersih dan sungai tidak tercemar, maka masyarakat kami harapkan tidak membuang sampah ke sungai,” kata Adhian di Kuala Pembuang, Jumat.

Menurutnya untuk menciptakan Sungai Seruyan bersih, maka diperlukan kerja sama dari seluruh lapisan masyarakat agar bisa bersama-sama menjaga kelestarian lingkungan sungai tersebut.

“Masyarakat, kami minta tidak lagi membuang sampah ke sungai, tapi membuang sampah pada tempat yang telah disediakan. Hal ini salah satu upaya agar sungai tetap lestari," ucapnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, salah satu penyebab sungai menjadi tercemar lantaran adanya kebiasaan masyarakat membuang sampah sembarangan.

"Maka dari itu, kesadaran seluruh masyarakat harus semakin ditingkatkan," ungkapnya.

Dia menyampaikan, untuk meningkatkan kesadaran masyarakat diharapkan adanya peran dari pihak lainnya dalam membantu memberikan pemahaman kepada masyarakat, sehingga dengan begitu mereka bisa memahami hal tersebut.

Selain itu diharapkan, seluruh organisasi, komunitas, pelajar dan kalangan mahasiswa diminta mendukung upaya pemerintah daerah mewujudkan kota bersih dan bebas sampah.

“Saatnya kita semua bersinergi memberikan contoh nyata di masyarakat agar lebih peduli terhadap sampah dengan membudayakan membuang sampah pada tempatnya dan tidak membuang sampah ke sungai," katanya.

Dia menambahkan, masyarakat jangan ragu membuang sampah pada tempatnya karena memang sudah ada petugas yang siap mengangkut sampah tersebut dan itu dilakukan setiap hari.

“Armada selalu memberikan pelayanan pengangkutan sampah masyarakat, sehingga tidak ada alasan untuk membuang sampah sembarangan apalagi di sungai," tutupnya.