Deretan makanan yang mewarnai perayaan Nyepi

id nyepi,kuliner nyepi,kuliner indonesia,Deretan makanan yang mewarnai perayaan Nyepi,hari raya nyepi

Deretan makanan yang mewarnai perayaan Nyepi

Umat Hindu meletakkan sesaji saat mengikuti Upacara Tawur Agung Kesanga di Pura Aditya Jaya, Rawamangun, Jakarta, Rabu (2/3/2022). Tawur agung yang diikuti umat Hindu di kawasan Jabodetabek itu sebagai penyucian diri guna memperingati Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1944. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/aww. (ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT)

Jakarta (ANTARA) - Perayaan keagamaan tak lepas dari kuliner khas, termasuk Nyepi. Hari raya Nyepi Tahun Baru Saka 1944 jatuh pada 3 Maret 2022. Saat merayakan Nyepi, umat Hindu harus menaati aturan seperti larangan untuk bepergian, bekerja atau menyalakan api. Maka, memasak pun salah satu hal yang dilarang saat Nyepi.

Apa saja kuliner yang identik dengan hari raya Nyepi?

Lawar
Dikutip dari berbagai sumber, hidangan ini dibuat dari campuran sayur, daging serta bumbu kaya rempah. Lawar yang dilengkapi dengan parutan kelapa bakar adalah makanan favorit dalam upacara-upacara adat di Bali. Tampilannya serupa urap dengan bumbu penuh aroma.
Betutu
Lauk berupa unggas utuh dan di dalamnya diisi dengan bumbu rempah, dibungkus daun pisang, dimasukkan ke bara api. Betutu dipanggang berjam-jam sehingga dagingnya terasa lembut.

Baca juga: Aplikasi Yummyshop hadir untuk bantu kembangkan kuliner lokal

 
Nasi tepeng
Dikutip dari buku "Mengenal Kuliner Bali" karya Risa Panti Arianti, nasi tepeng terbuat dari beras yang dimasak dengan api kecil. Nasi tepeng yang teksturnya lebih lembek disajikan dengan urab sayur, kacang panjang, kacang merah, nangka muda, terong, daun kelor serta kelama parut.
Pulung Nyepi
Jajanan khas Nyepi ini dibuat dari tepung beras yang dicampur kanji kemudian dikukus. Setelah itu, adonan diuleni dan dibentuk lonjong memanjang, lalu direbus dan ditiriskan. Parutan kelapa muda menjadi teman dari jajanan ini.
Cerorot
Jajanan basah ini punya ciri khas rasa manis dan tekstur lembut. Cerorot memang bisa dihadirkan di upacara-upacara adat. Berbahan dasar tepung beras, adonan yang dikukus ini berbentuk seperti corong.
 
Entil
"Makanan khas di masing-masing daerah beda, kalau di tempat saya, pesor dan entil, lontong dibungkus daun bambu (entil)," kata Ngurah Penatih.

Entil adalah makanan sejenis ketupat, terdiri dari beras dengan dibungkus daun bambu.

Baca juga: Deretan kuliner Singapura yang bisa dicoba di rumah

Baca juga: Kunci kesuksesan di industri kuliner menurut Chef Arnold

Baca juga: Wisata kuliner sehat mulai jadi pilihan selama pandemi