Desa Benakitan dan Riam Tinggi terima penghargaan Kemenparekraf

id Pemkab lamandau, bupati hendra lesmana, nanga bulik, kalteng, kalimantan tengah

Desa Benakitan dan Riam Tinggi terima penghargaan Kemenparekraf

Bupati Lamandau Hendra Lesmana. (ANTARA/Ho-Pemkab Lamandau)

Nanga Bulik (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Lamandau, Kalimantan Tengah menyampaikan, Desa Benakitan Kecamatan Batang Kawa dan Desa Riam Tinggi, Kecamatan Delang menerima penghargaan dari Kemenparekraf.

"Keduanya meraih piagam penghargaan dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021," kata Bupati Lamandau Hendra Lesmana dihubungi dari Nanga Bulik, Selasa.

Penghargaan ini diberikan atas prestasi sebagai peserta Desa Binaan Kemenparekraf dari Menparekraf Sandiaga Uno yang ia serahkan secara simobolis di kabupaten setempat.

Dari 1.831 desa di seluruh Indonesia yang berpartisipasi, Desa Benakitan dan Riam Tinggi berhasil masuk dalam 300 besar. Hasil ini merupakan capaian yang patut dibanggakan, berkat kerja keras kepala desa dan jajaran, bersama masyarakat bahu-membahu melaksanakan pembangunan.

"Capaian ini suatu kebanggaan bagi pemerintah daerah dan tentunya masyarakat Lamandau," terangnya.

Apalagi Anugerah Desa Wisata merupakan salah satu ajang bergengsi di Kemenparekraf, yakni pemberian penghargaan kepada desa-desa wisata yang memiliki prestasi dengan sejumlah kriteria penilaian.

Melalui ajang ini diharapkan mampu mendorng dan menjadikan desa-desa wisata di Indonesia sebagai destinasi pariwisata berkelas dunia dan berdaya saing tinggi.

Hendra mengharapkan dua desa ini bisa terus berkembang dan meningkatkan capaian prestasi yang diraih, serta menjadi contoh maupun penyemangat bagi desa lain di Lamandau untuk menorehkan capaian positif.

"Dengan prestasi yang sudah ada, kami harapkan terus ditingkatkan, maju, berkembang dan lebih sejahtera," harapnya.

Pemkab Lamandau berkomitmen mendukung desa lainnya mengangkat potensi yang dimiliki, sehingga desanya bisa semakin maju dan diketahui khalayak ramai.

Sementara itu Camat Batang Kawa Loren Oktoberi Tahan mengatakan, melalui Festival Babukung pada 2021 lalu dan dari hasil penilaian, Desa Benakitan memperoleh ekspresi terbaik.

Hal ini juga berkat dukungan pemerintah daerah, hingga pada akhirnya Desa Benakitan menjadi salah satu yang mendapatkan penghargaan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif atau Kemenparekraf RI.