Pemkab Barsel mempertajam indikator dan target kinerja program

id Wakil Bupati Barito Selatan, Kalimantan Tengah, Satya Titiek Atyani Djoedir, Kabupaten Barito Selatan, Barito Selatan, Barsel, Kalteng

Pemkab Barsel mempertajam indikator dan target kinerja program

Wakil Bupati Barito Selatan, Satya Titiek Atyani Djoedir saat menyampaikan sambutan dalam kegiatan forum perangkat daerah, di Buntok, Kamis (17/3).ANTARA/Bayu Ilmiawan.

Buntok, Kalteng (ANTARA) - Wakil Bupati Barito Selatan, Kalimantan Tengah, Satya Titiek Atyani Djoedir mengingatkan, digelarnya forum perangkat daerah sebagai upaya pemerintah daerah menajamkan indikator dan target kinerja program yang telah disusun.

"Hal itu sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing dari perangkat daerah," katanya saat membuka forum perangkat daerah, di Buntok, Kamis.

Dikatakan, dalam kegiatan tersebut, Pemkab Barsel juga menyinkronkan pelaksanaan urusan pemerintah daerah sebagai upaya merumuskan program dan kegiatan, sesuai dengan tugas dan fungsi perangkat daerah.

Termasuk, kata dia, penyelarasan antar perangkat daerah dalam rangka sinergitas dan optimalisasi pencapaian sasaran, termasuk penyesuaian pendanaan dari program kegiatan prioritas berdasarkan pagu indikatif masing-masing perangkat daerah.

"Dalam kegiatan ini dilaksanakan penyusunan Rancangan Rencana Kerja Pemerintah Daerah tahun 2023 dengan melakukan penyesuaian terhadap program prioritas dan sasaran pembangunan yang dilaksanakan pemerintah pusat dan pemerintah provinsi serta apa yang termuat dalam rencana pembangunan daerah 2023-2026 mendatang," terangnya.

Untuk itu, ia mengharapkan, kepada semua perangkat daerah dapat betul-betul menyusun program dan kegiatan dengan memperhatikan usulan-usulan yang termuat dalam musrenbang kecamatan dan pokok-pokok pikiran DPRD.

"Usulan yang termuat dalam musrenbang kecamatan dan pokok-pokok pikiran DPRD tidak semuanya bisa terakomodir karena terbatasnya anggaran," ucapnya.

Meskipun demikian, aspirasi dan dinamika yang berkembang serta harapan seluruh masyarakat pada saat musrenbang maupun yang termuat dalam pokok-pokok pikiran DPRD menjadi perhatian dalam mengalokasikan anggaran dan belanja kegiatan perangkat daerah.

Sedangkan untuk fokus pembangunan tahun 2023 mendatang dengan tema pengembangan ekonomi daerah melalui optimalisasi sumber daya lokal disertai peningkatan kualitas jaringan infrastruktur dan sumber daya manusia yang handal.

"Tema tersebut harus dimaknai dalam rangka mendukung pelaksanaan pemulihan ekonomi nasional di semua aspek, baik infrastruktur, pendidikan, kesehatan, keamanan dan ketertiban umum, sosial, pemukiman, sosial, ketahanan pangan, pertanian, perikanan dan lainnya melalui optimalisasi pemanfaatan sumber daya lokal," jelas Satya.

Acara forum perangkat daerah yang berlangsung di aula kantor Bappeda Barito Selatan itu dihadiri sejumlah kepala perangkat daerah dan anggota DPRD setempat.

Baca juga: Komisi II DPRD Barsel RDP bersama DKPPP

Baca juga: BPJS Kesehatan tanggapi Puskesmas Barsel akan berlakukan tarif umum kepada peserta JKN

Baca juga: DPRD Barsel menyayangkan puskesmas berlakukan tarif umum ke peserta BPJS