Seruyan raih predikat terbaik SAKIP dan RB di Kalteng

id Seruyan raih predikat terbaik SAKIP dan RB di Kalteng, Kalteng, seruyan

Seruyan raih predikat terbaik SAKIP dan RB di Kalteng

Hasil Penilaian SAKIP dan RB award tahun 2021 oleh Kemenpan RB yang diselenggarakan di Jakarta, Selasa (5/4/2022). ANTARA/HO-Protokol Seruyan

Kuala Pembuang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah meraih predikat B untuk Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah  (SAKIP) dan Reformasi Birokrasi (RB) tahun 2021 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

"Berdasarkan penilaian tersebut Pemkab Seruyan memperoleh peringkat terbaik dari 14 kabupaten/kota di Kalimantan Tengah. Atas capaian tersebut diharapkan seluruh perangkat daerah di lingkungan Pemkab Seruyan terus meningkatkan kinerja dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” kata Bupati Seruyan Yulhaidir di Kuala Pembuang, Rabu.

Menurut dia, hasil evaluasi SAKIP menunjukkan efektivitas dan efisiensi pemerintah dalam penggunaan anggaran dalam penyelenggaraan pemerintahan yang berorientasi pada hasil untuk kepentingan masyarakat sehingga masyarakat dapat merasakan dampaknya. Sedangkan hasil evaluasi RB menggambarkan pemerintah kabupaten dalam mengelola perbaikan terhadap delapan area perubahan. 

“SAKIP itu tentang perencanaan yang baik, bagaimana menyusun sasaran kinerjanya, merencanakan program kegiatannya, kemudian hingga dalam penggunaan anggarannya. Hal tersebut tidak terlepas dari kerja sama yang baik dari semua pihak untuk terus memberikan pelayanan terbaik,” jelasnya.

Baca juga: DPRD Seruyan sebut ada tujuh usulan prioritas dapil II

Dia mengatakan, pelayanan yang prima di Bumi Gawi Hantantiring ini harus terus ditingkatkan cepat, tepat dan prosedur harus benar-benar dijalankan dengan maksimal, sehingga masyarakat dapat terlayani dengan baik.

“Prestasi yang kita raih ini harus jadi motivasi untuk terus memberikan kinerja yang lebih baik,  dengan moto pelayanan kita cepat, tepat dan prosedur menuju Seruyan sehat, aman dan sejahtera,” ungkapnya.

Orang nomor satu di Seruyan itu menambahkan bahwa, bagi masyarakat yang merasa kurang mendapat pelayanan baik, dari pegawai di lingkungan Pemkab, bisa menghubungi di nomor pribadi dirinya  melalui WhatsApp (WA) atau  SMS di nomor 082358589633, sehingga dengan begitu pelayanan publik bisa terus ditingkatkan.

“Kalau ada masyarakat yang mendapatkan pelayanan yang kurang, maka bisa dihubungi di nomor pribadi saya tersebut, pastinya akan kita tindak lanjuti,” demikian Yulhaidir.

Baca juga: DPRD dorong DPMDes Seruyan segera jadwalkan pemilihan di 43 desa

Baca juga: Bupati minta masyarakat Seruyan aktif sukseskan vaksinasi booster

Baca juga: Ini tanggapan Bupati Seruyan soal sewa asrama mahasiswa di Yogyakarta