HAE-IPB Kalteng dukung pemda dalam pembangunan sektor kehutanan

id Hae-ipb kalteng, ipb, institut pertanian bogor, pembangunan kehutanan, Himpunan Alumni Fakultas Kehutanan dan Lingkungan, komda kalteng, kalteng

HAE-IPB Kalteng dukung pemda dalam pembangunan sektor kehutanan

Ketua HAE-IPB Kalteng Endi Supriatna (kiri) memberikan sambutan usai terpilih secara aklamasi dalam agenda pemilihan, sekaligus silaturahmi antar alumni di Palangka Raya, Sabtu, (9/4/2022). (ANTARA/A Hidayat)

Palangka Raya (ANTARA) - Himpunan Alumni Fakultas Kehutanan dan Lingkungan (HAE) IPB Komda Kalimantan Tengah siap bersinergi dan mendukung pemerintah daerah dalam pelaksanaan pembangunan, khususnya sektor kehutanan dan lingkungan.

"Salah satu tugas kami adalah bersinergi dengan pemerintah daerah, baik provinsi maupun kabupaten dan kota," kata Ketua HAE-IPB Kalteng Endi Supriatna di Palangka Raya, Sabtu.

Hal ini nantinya diwujudkan melalui program maupun kegiatan yang dimiliki khususnya dalam membantu penguatan bidang kehutanan, yakni pelestarian, hingga pemanfaatan secara optimal untuk kemajuan daerah dan kesejahteraan masyarakat.

Kemudian seperti yang terus digaungkan pemerintah provinsi saat ini yakni tentang hilirisasi industri sektor kehutanan, pihaknya juga siap berkolaborasi mendukung hal tersebut.

Endi menjelaskan, keberadaan HAE-IPB Kalteng akan menjadi penyemangat serta mendorong para alumninya untuk merumuskan berbagai hal agar bisa bergerak lebih aktif lagi dalam pembangunan.

"Kami juga siap mengakomodir lulusan dari IPB. Selain itu kami juga memiliki para alumni yang solid dari berbagai bidang, sehingga diharapkan HAE-IPB Kalteng bisa lebih aktif ke depannya," jelasnya.

Sementara itu salah satu anggota HAE-IPB Kalteng Doni Sri Putra mengatakan, keberadaan himpunan ini menjadi sarana strategis bagi para alumni yang ada di Kalteng.

"HAE-IPB tentu siap membuat program-program yang kaitannya dengan pemberdayaan alumni dan peningkatan potensinya untuk bisa berkarya di Kalteng," ucapnya.

Pria yang menjabat Kepala BPKH Wilayah XXI ini memaparkan, alumni HAE-IPB tersebar pada berbagai bidang, mulai dari swasta, LSM, dan pemerintahan, sehingga sudah seharusnya dapat berkolaborasi memajukan kehutanan di Kalteng.

Anggota lainnya Nur Patria Kurniawan menambahkan, pihaknya siap mendukung ketua terpilih serta melaksanakan konsolidasi program dan kegiatan yang berkaitan dengan pembangunan sektor kehutanan.

"Programnya tidak usah muluk-muluk tetapi bersentuhan langsung. Terutama saat ini yang paling krusial adalah tata kewilayahan, karena bidang kami di kehutanan intinya mendukung pemerintah daerah bagaimana di dalam tata kelola kehutanan,” jelasnya yang kini menjabat Kepala BKSDA Kalteng tersebut.

Adapun Endi Supriatna terpilih secara aklamasi sebagai Ketua HAE-IPB Kalteng yang baru dalam kegiatan pemilihan, sekaligus silaturahmi dan pelaksanaan buka puasa bersama yang dihadiri secara langsung maupun virtual.