Operasional RS Pratama Tumbang Samba menunggu izin Kemenkes

id Operasional RS Pratama Tumbang Samba menunggu izin Kemenkes , kalteng, kasongan, katingan, sakariyas,RS Pratama,Tumbang Samba

Operasional RS Pratama Tumbang Samba menunggu izin Kemenkes

Bupati Katingan Sakariyas. ANTARA/Fernando Rajagukguk

Kasongan (ANTARA) - Bupati Katingan Kalimantan Tengah Sakariyas membenarkan pembangunan Rumah Sakit (RS) Pratama di Desa Tumbang Samba Kecamatan Katingan Tengah sudah selesai, namun belum difungsikan. 

"Iya pembangunan RS Pratama di Desa Tumbang Samba sudah selesai beberapa waktu lalu," kata Sakariyas di Kasongan, Selasa.

Dia menjelaskan sarana dan prasarana penunjang pada RS Pratama tersebut sudah lengkap. Begitu juga dengan perlengkapan medisnya sudah tersedia dan lengkap.

Walaupun sudah lengkap, RS Pratama Tumbang Samba belum bisa dibuka atau dioperasionalkan untuk melayani pengobatan dan pemulihan kesehatan masyarakat. 

Hal itu dikarenakan rumah sakit tersebut harus menunggu izin operasional dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI.

"Kami sudah mengajukan izin operasional ke Kemenkes RI melalui Dinas Kesehatan," ucap dia. 

Orang nomor satu di Bumi Penyang Hinje Simpei itu menyampaikan, jika perizinan operasional RS Pratama Tumbang Samba sudah didapat maka pihaknya akan segera meresmikan pengoperasionalannya untuk umum.

Dia membeberkan saat ini bangunan RS Pratama Tumbang Samba dipinjam pakai untuk operasional Puskesmas Tumbang Samba. Ini karena Puskesmas Tumbang Samba harus mendapatkan tempat akibat terendam banjir tahun lalu. 

Dia berharap dengan berdirinya RS Pratama di Tumbang Samba dapat mempermudah akses pelayanan kesehatan masyarakat  yang berada di kecamatan bagian utara atau hulu, seperti Petak Malai, Bukit Raya, Katingan Hulu, Markit, dan Sanaman Mantikei khususnya warga sekitar rumah sakit.

Baca juga: Disdukcapil Katingan 'jemput bola' perekaman data kependudukan

Luasnya wilayah dan kondisi geografis yang rumit, membuat rumah sakit di Tumbang Samba ini sangat dibutuhkan masyarakat. 

Rumah sakit di Tumbang Samba akan mempercepat pemberian pertolongan pertama kepada pasien. Cepatnya penanganan ini diharapkan bisa mencegah atau menekan risiko fatalitas terhs

Ketika ada yang sakit, apalagi dalam kondisi darurat, maka bisa ditangani dengan cepat, tanpa harus jauh-jauh menempuh perjalanan menuju rumah sakit di Kasongan. 

"Semoga nantinya RS Pratama tersebut dapat berfungsi maksimal dan bermanfaat bagi pelayanan kesehatan masyarakat di wilayah hulu dan warga sekitar," demikian Sakariyas.

Baca juga: Bupati minta CPNS dan PPPK di Katingan menunjukkan kinerja terbaik

Baca juga: Penagihan tunggakan pelanggan PDAM Katingan akan dikuasakan ke Kejaksaan

Baca juga: Bupati Katingan: Jadikan Rapim TEPRA meningkatkan program pembangunan